Ikat Indonesia Rilis New Normal Essentials dari Tenun dan Lurik

Ikat Indonesia by Didiet Maulana merilis koleksi New Normal Essentials bertepatan dengan hari jadi yang ke-9 tahun pada pada Rabu, 29 Juli 2020. (Dok. Ikat Indonesia)

ragam

Ikat Indonesia Rilis New Normal Essentials dari Tenun dan Lurik

Kamis, 30 Juli 2020 10:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Ikat Indonesia by Didiet Maulana merilis koleksi New Normal Essentials untuk merayakan 9 tahun kiprahnya di industri fashion pada Rabu, 29 Juli 2020. Seperti koleksi Ikat Indonesia lainnya, masker dan poch New Normal Essentials ini terbuat dari kain tradisional, kali ini tenun dan lurik.

Koleksi ini terdiri dari masker dengan konektor, sabun cuci tangan, dan antiseptik serbaguna yang dikemas dalam sebuah pouch. 

Dalam peluncuran virtual, Didiet Maulana mengatakan New Normal Essentials tidak hanya memenuhi kebutuhan pelanggannya di masa pandemi, tapi juga mendukung para pengrajin Indonesia agar tetap mendapat tempat berkarya. Ini juga merupakan semangat optimisme industry fashion yang selama pandemi ini sempat menurun.

“Sehingga mama-mama perajin tenun ini bisa dapat tempat untuk berjualan,” kata dia saat peluncuran.

Motif tenun yang dipilih menyerupai ombak. Ini menjadi filosofi perjalanan selama 9 tahun sebagai sebuah bahtera, sekaligus menggambarkan semangat dan optimisme dalam berkarya. Warna-warna alam dipilih dengan inspirasi negara kepulauan, biru memberi rasa ketenangan, cokelat warna bumi menjadi representasi kesuburan, kehangatan, dan kenyamanan.

Ikat Indonesia bt Didiet Maulana merilis New Normal Essentials pada peringatan 9 tahun perjalanannya di industri fashion pada Rabu, 29 Juli 2020. (Dok. Ikat Indonesia)

"Memorable pattern dalam koleksi kali ini pernah dipakai dalam beberapa rangkaian fashion show di Indonesia. Antara lain kami menggunakan pattern dari rumah tenun di Bali, Jepara, Yogyakarta, Klaten, Sulawesi dan Sumatra," ucap Didiet.

Adapun sabun dan antiseptik serbaguna dipilih aroma kayu cendana, salah satu minyak atsiri premium dan sebagai kekayaan alam Indonesia. Tanpa bahan kimia buatan, sabun ini mengandung bahan alami seperti aloe vera.

Desainer tekstil Ikat Indonesia Zahra Damayanti mengatakan, terdapat empat pilihan set New Normal Essentials yang bisa dipilih sesuai dengan kepribadian masing-masing.

1. Sadira SetPouch dari tenun dan lurik dengan garis horizontal berwarna ungu, pink, magenta tampilan ekspresif.

2. Nida SetPouch dari tenun dan lurik warna putih, khaki, dengan lurik hijau kuning merah, dan hijau untuk yang suka tampilan netral.

3. Kayana SetPouch dari tenun dan lurik bisa unisex dengan warna hitam yang klasik cocok untuk outfit apa saja.

4. Daliya SetPerpaduan tenun ikat putih, abu-abu, dan hitam. Look monokrom yang klasik dan timeless.

"Tidak hanya motif yang khas, dengan masker yang bentuknya diagonal maka membuat efek kontur wajah menjadi lebih tirus," tambah Zahra.

New Normal Essentials Ikat Indonesia dijual seharga Rp 359 ribu per paket, mulai dipasarkan pada hari peluncuran.

EKA WAHYU PRAMITA | MILA NOVITA