3 Arti Mimpi Selingkuh dari Pasangan, Tak Selalu Tentang Setia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita tidur. Unsplash.com/Bruce Mars

Ilustrasi wanita tidur. Unsplash.com/Bruce Mars

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernahkah Anda bermimpi selingkuh dari pasangan? Tentu wajar jika Anda merasa aneh dan bertanya-tanya tentang arti mimpi tersebut. Apakah itu berarti Anda tidak bahagia dengan hubungan yang sedang dijalani?

Namun Anda tak perlu panik, psikoterapis LeslieBeth Wish dan penulis Training Your Love Intuition mengatakan mimpi tentang selingkuh seperti semua mimpi, dapat berarti segala macam hal - tetapi juga mungkin tidak ada artinya sama sekali. Menurut Wish, otak Anda terhubung untuk bermimpi dan memungkinkan untuk melakukan banyak fungsi, termasuk mengatasi masalah, perasaan, peristiwa, dan banyak lagi.

"Tapi hati-hati dalam menafsirkan mimpi Anda secara harfiah," katanya kepada Elite Daily. "Banyak mimpi diekspresikan sebagai kisah simbolis, seperti dongeng yang mengajarkan kita pelajaran. Mimpi juga bisa menjadi campuran kusut acara televisi yang baru saja Anda tonton, peristiwa hari Anda, dan masalah yang Anda hadapi dalam hidup Anda. Jadi, jangan terjebak dalam pemikiran bahwa mimpi Anda adalah fakta atau instruksi tentang apa yang harus Anda lakukan." Inilah yang dikatakan para ahli di balik semua mimpi buruk nokturnal dalam mimpi Anda.

3 arti mimpi selingkuh dari pasangan

1. Tidak selalu berarti Anda ingin selingkuh

Jika Anda bermimpi tentang tidak setia, jangan panik. Menurut Karen Frazier, penulis The Dream Interpretation Handbook, mimpi selingkuh sebenarnya relatif umum dan biasanya tidak boleh dipahami secara harfiah. "Itu simbolis. Hal itu juga dapat menunjukkan ketakutan, kekhawatiran, atau keinginan, sehingga banyak orang memiliki mimpi seperti itu,” katanya.

Frazier menjelaskan bahwa interpretasi paling klasik dari jenis-jenis mimpi ini adalah bahwa Anda sedang memproses pengkhianatan masa lalu, baik dari diri sendiri atau orang lain. "Orang yang Anda selingkuh juga dapat mewakili beberapa aspek dari diri Anda yang telah Anda tolak yang perlu Anda integrasikan ke dalam hidup Anda," jelasnya.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tahu persis orang atau aspek apa, tetapi tidak selalu jelas. Dalam hal itu, Frazier menyarankan mencari petunjuk konteks dalam mimpi untuk lebih memahami maknanya. “[Seperti] di mana itu terjadi, siapa orang itu, dan lainnya. Tanyakan pada dirimu apa yang terjadi dalam hidupmu di mana kamu mungkin merasa seperti mengkhianati beberapa aspek penting dari dirimu,” ujarnya.

2. Keinginan yang tidak terpenuhi.

Walaupun seks dan mimpi selingkuh biasanya simbolis, kadang-kadang mimpi bisa menjadi tanda - bukan berarti Anda ingin selingkuh, tetapi Anda tidak sepenuhnya puas secara seksual atau sebaliknya dalam hubungan Anda saat ini. "Mimpi seks tentang selingkuh pada pasangan Anda adalah umum dalam hubungan di mana ada masalah seksual, disfungsi seksual, dan bahkan konflik dan disfungsi non-seksual," kata psikolog klinis Dr. John Mayer.

Dia menjelaskan bahwa mimpi juga bisa mewakili hasrat seksual yang tidak terpenuhi. “Di permukaan, pasangan mungkin tampak memiliki kehidupan seks yang bahagia dan sehat, tetapi seseorang mungkin memiliki fantasi seks rahasia dalam berbagai bentuk dari apa norma untuk pasangan ini dan mimpi seks menjadi saluran bagi fantasi seksual ini untuk dialami ," dia menjelaskan. Dalam hal ini, mimpi selingkuh positif dalam beberapa hal karena, seperti yang dijelaskan oleh Dr. Mayer, keinginan itu dieksplorasi dengan cara yang tidak memerlukan perselingkuhan yang sebenarnya.

3. Tidak ada hubungannya dengan seks.

Sekali lagi, karena mimpi seringkali tidak secara literal, mimpi selingkuh dapat menjadi masalah pemrosesan bawah sadar Anda yang tidak ada hubungannya dengan seks atau bahkan hubungan Anda. "Anda mungkin juga bermimpi tentang selingkuh pada pasangan Anda jika Anda kesulitan menghadapi masalah-masalah penting dalam hidup Anda, seperti karier Anda dan ketakutan Anda untuk melakukan perubahan," jelas Dr. Wish.

Dalam beberapa kasus, perubahan yang perlu Anda lakukan ada dalam hubungan Anda. Menurut Dr. Wish, ini tidak berarti Anda ingin selingkuh; hanya saja alam bawah sadar Anda mengirimkan tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan Anda. Mimpi itu mungkin cara Anda mengekspresikan ketidakbahagiaan atau frustrasi dengan insiden baru-baru ini, atau ketidakbahagiaan dalam hubungan Anda saat ini. Gunakan mimpi sebagai pesan bahwa Anda perlu melakukan inventarisasi emosional tentang Anda dan hidup Anda.

Jika Anda tidak setia kepada pasangan Anda mungkin membingungkan, tetapi yang dapat diambil di sini adalah bahwa hal itu tidak secara otomatis menimbulkan kekhawatiran. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."