Cincin Kawin Putri Beatrice Langgar Tradisi Kerajaan, Bukan Emas

Putri Beatrice dan tunangannya, Edoardo Mapelli Mozzi (Instagram @theroyalfamily)

mode

Cincin Kawin Putri Beatrice Langgar Tradisi Kerajaan, Bukan Emas

Rabu, 22 Juli 2020 14:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernikahan Putri Beatrice melanggar sejumlah kebiasaan Kerajaan Inggris. Tak hanya upacara pernikahan yang digelar diam-diam, tapi juga cincin kawinnya. 

Sejak pernikahan Ibu dari Ratu Elizabeth pada 1923, keluarga kerajaan telah menggunakan emas Welsh untuk cincin pernikahan mereka. Emas ini berasal dari dua wilayah berbeda di Wales yang sangat dihargai karena asal dan kelangkaannya.

Para pengantin di era ini, termasuk Pangeran William dan Kate Middleton, juga Puteri Eugenie dan Meghan Markle, keduanya mengikuti tradisi yang hampir 100 tahun itu. Namun, suami Putri Beatrice, Edoardo Mapelli Mozzi, memilih cincin platinum, bukan emas. 

"Kami merancang cincin platinum karena kami ingin agar secara estetika cocok dan terjalin dengan cincin pertunangan," kata perancang perhiasan Inggris Shaun Leane kepada People, Selasa, 21 Juli 2020.

Cincin kawin itu diilhami oleh gaya Victoria dan Art Deco, dengan berlian lebih dari 0,5 karat. Berlian itu disebut yang paling murni dan berkualitas tinggi. Cincin itu dirancang dengan enam kali pertemuan, sekitar empat bulan sebelum melamar Beatrice pada September 2019.

Cincin pernikahan Putri Beatrice terbuat dari platinum, berpasangan dengan cincin tunangannya. (Dok. Shaun Leane)

“Saya merancang cincin tunangan, kemudian saya membuat sketsa cincin pernikahan itu,” kata Leane.

Leane sendiri belum pernah bertemu dengan Putri Beatrice, mereka hanya berkomunikasi melalui pesan teks untuk menentukan desain akhirnya.

"Saya yakin dia terlibat dalam proses tetapi saya tidak berurusan dengan Beatrice," katanya. "Edo dan saya dari awal merancang kedua cincin, hanya kami berdua."

Untuk pengantin pria, mereka memilih cincin emas antik oleh Josh Collins, putra Harry Collins di G Collins and Sons, perhiasan pribadi untuk Ratu.

Putri Beatrice diam-diam menikahi Edoardo dalam sebuah upacara sederhana yang hanya dihadiri sekitar 20 tamu pada hari Jumat, 17 Juli, di All Saint’s Chapel, Windsor Great Park. Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip termasuk di antara tamu pernikahan.

Pernikahan mereka awalnya direncanakan Mei 2020, tapi harus ditunda karena pandemi virus corona.

Dalam pernikahan itu Putri Beatrice mengenakan gaun malam vintage Norman Hartnell yang telah dimodivikasi milik neneknya, Ratu Elizabeth, serta berlian tiara yang dikenakan sang Ratu sendiri pada hari pernikahannya pada 1947.