Mewahnya Cincin Tunangan Putri Eugenie, Bertahtakan Safir Langka

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Putri Eugenie dan Jack Brooksbank. REUTERS

Putri Eugenie dan Jack Brooksbank. REUTERS

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Kerajaan Inggris secara resmi mengumumkan pertunangan Putri Eugenie dengan kekasihnya Jack Brooksbank. Mereka berencana untuk menikah di Kapel St George’s, Istana Windsor pada musim gugur tahun ini. Lokasi tersebut juga lokasi pernikahan Pangeran Harry dengan Meghan Markle yang akan berlangsung pada 19 Mei 2018. 

Namun yang paling menarik perhatian publik pada pertunangan ini adalah cincin pertunangan yang memiliki beberapa persamaan dengan cincin tunangan anggota kerajaan lainnya. Putri Eugenie adalah putri kedua Pangeran Andrew, anak ketiga Ratu Elizabeth II, yang juga berperan sebagai Duke of York. Sebagai cucu perempuan Ratu Elizabeth II dia menempati urutan kedelapan untuk tahta Kerajaan Inggris. 

Mengutip Express, dalam foto pertunangan resmi mereka, Putri Eugenie terlihat menggunakan cincin emas bertahtakan batu safir padparadscha, yang dikelilingi oleh berlian. Padparadscha merupakan jenis safir khusus yang tediri campuran dari safir merah dan kuning. 

Baca juga: Pose Mesra Pertunangan Meghan Markle dan Pangeran Harry

Cincin pertunangan Putri Eugenie dan Jack Brooksbank. REUTERS

Cincin tersebut memiliki kesamaan yang jelas dengan cincin milik ibunya, Duchess of York, Sarah Ferguson. Pangeran Andrew memberikan cincin emas kuning dengan batu rubi burma yang dikelilingi dengan 10 berlian kepada Sarah Ferguson.  Cincin tersebut dirancang oleh Garrad, yang juga merancang cincin pertunangan Putri Diana. Cincin pertunangan Putri Diana saat ini digunakan oleh Kate Middleton, Duchess of Cambridge.

Deborah Papas, seorang gemologist, memperkirakan cincin Eugenie bisa bernilai lebih dari £100,000 atau sekitar Rp 1,8 milyar. “Seperti milik ibunya, Duchess of York, dan yang dimiliki Putri Diana, cincin Eugenie memiliki batu permata berharga di tengah,” ujar Papas. Lebih lanjut Papas menjelaskan bahwa batu safir padparadscha adalah batu permata yang termasuk langka. Harganya tergantung pada kualitas batu tersebut, dan sedikit perbedaan kualitas bisa berarti perbedaan harga yang besar.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."