Reisa Broto Asmoro Ingatkan Physical Distancing saat Wefie

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Reisa Broto Asmoro. Instagram.com/@reisabrotoasmoro

Reisa Broto Asmoro. Instagram.com/@reisabrotoasmoro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dokter Reisa Broto Asmoro membagikan tips bertemu orang lain di masa adaptasi kebiasaan baru. Dia mengunggah video singkat di Instagram TV, Minggu 19 Juli 2020. 

Dalam video itu, Reisa menekankan pentingnya physical distancing sebagai cara efektif mencegah penularan virus corona. “Di masa adaptasi kebiasaan baru ini, ada banyak penyesuaian ketika kita bersosialisasi. Termasuk kebiasaan kita bersalaman, kongkow2, makan bersama sampai wefie,” tulisnya dalam keterangan video. 

Saat physical distancing, jarak yang disarankan sejauh 1 sampai 3 meter. Jarak tersebut dianggap cukup aman menghindari droplet dari orang lain. Dia meningatkan, meski menerapkan physical distancing, pastikan untuk membatasi kontak langsung seperti jabat tangan, toss, berbisik. 

Sedangkan dalam aktivitas sehari-hari, Anda dapat dipraktekkan dengan berbagai cara seperti membatasi aktivitas di luar rumah, menggunakan salam yang aman yang tidak bersentuhan langsung, manfaatkan teknologi video call, jauhi kerumunan dan tetap pastikan jarak aman saat hangout.

“Mau tetap eksis dan tetap menjaga silaturahmi, tetap punya kenangan bersama teman dan kerabat boleh saja, tapi ingat yang paling penting tetap aman dari Covid-19, selalu ikuti panduan tersebut terapkan dengan disiplin dna kita punye kebiasaan baru yang aman dari Covid-19,” lanjut Reisa.

Sebagai penutup videonya, Reisa Broto Asmoro juga memberikan tips saat foto dengan teman, saudara dan kerabat dekat. Saat foto bersama Anda disarankan tetap menggunakan masker, jaga jarak aman, jaga kebersihan smartphone, pemilihan lensa wide atau ultra wide pada smartphone, dan jangan langsung menyentuh wajah saat memegang smartphone. “Kita bisa produktif dan aman dari Covid-19, menjaga silaturahmi, salam sehat dari saya,” ujarnya. 

Sementara, ketika makan di café atau restoran, Reisa mengingkatkan agar hanya membuka masker saat makan dan pastikan jarak dengan orang lain cukup aman. "Anda juga harus menjaga jarak aman saat antri atau duduk menunggu di tempat umum," tandasnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."