Tips Bersepeda Tanpa Keringat Bercucuran, Bebas dari Bau Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wanita naik sepeda. Freepik.com

Ilustrasi wanita naik sepeda. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagian orang masih enggan bersepeda untuk bekerja karena berbagai alasan. Keringat yang bercucuran saat mengayuh sepeda adalah salah satu penyebabnya.

Keringat tentu membuat orang tersebut tidak nyaman. Sesampainya di kantor dia harus menunggu keringat kering, mandi, dan berganti pakaian. Belum lagi masalah bau badan karena keringat tadi. Tentu kamu harus membawa baju ganti, peralatan mandi, dan peralatan bekerja saat ke kantor.

Mengutip situs Cycle Scheme dan Life Hacker, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah keringat bercucuran saat bersepeda. Dengan begitu, waktu istirahat sembari menunggu keringat kering di badan pun tidak terlalu lama.

Berikut tips bersepeda nyaman dan menghindari keringat bercucuran yang bikin tak nyaman karena memicu bau badan:

  1. Jangan ngebut


    Sangat disarankan mengayuh sepeda secara perlahan. Sebab semakin cepat mengayuh, kian besar pula usaha tubuh mendorong sepeda untuk bergerak lebih cepat. Energi yang besar itu dapat meningkatkan produksi keringat. Jadi, nikmati perjalanan bersepeda dan jangan tergesa-gesa.


  2. Pakaian yang ringan dan longgar


    Sangat disarankan untuk mengenakan pakaian yang ringan dan longgar saat bersepeda ke kantor. Pakaian jenis ini membantu sirkulasi udara pada pakaian sehingga tubuh merasa tetap adem dan nyaman. Jika malas menggunakan kaos atau baju training dan berganti pakaian di kantor, bisa disiasati dengan membuka satu atau dua kancing kemeja untuk membantu melancarkan sirkulasi udara.

  3. Pilih waktu dan jalur yang tepat

    Waktu dan jalur yang dipilih juga berpengaruh pada keringat yang keluar saat bersepeda. Hindari waktu terik matahari karena sengatannya bisa membuat peluh bercucuran. Pilih jalur yang relatif lengang dan teduh untuk menghindari kepadatan dan terhindar dari sengatan matahari.

  4. Jangan membawa barang bawaan

    Jangan lekatkan barang bawaan apapun pada tubuh. Usahakan barang bawaan itu diletakkan pada sepeda sehingga tubuh nyaman bergerak. Tas ransel atau barang apapun yang melekat pada tubuh dapat mengganggu sirkulasi udara dan membuat badan terasa lebih hangat.

    Pada akhirnya, kondisi ini membuat tubuh mengeluarkan keringat, bahkan sampai meninggalkan bekas di bagian belakang pakaian.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | CYCLESCHEME | LIFEHACKER

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."