Wajib Cuci Tangan Sebelum dan Setelah Melakukan 9 Aktivitas Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi cuci tangan. pixabay.com

Ilustrasi cuci tangan. pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cuci tangan adalah aktivitas yang penting dilakukan selama pandemi Covid-19. Cuci tangan selama 20 detik dengan menggunakan sabun dan air mengalir mampu membunuh virus corona.

Tak hanya virus corona, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan cuci tangan pakai sabun dapat mengurangi diare hingga 45 persen. Langkah sederhana ini dapat menurunkan angka kematian anak-anak akibat diare yang diperkirakan mencapai 31 ribu balita per tahun pada 2012.

Apakah kamu tahu pada kegiatan apa saja seseorang harus cuci tangan? Bukan hanya sebelum dan setelah makan, setelah membuang sampah, dan lainnya, ada kegiatan lain yang membuatmu wajib cuci tangan.

Mengutip laman Sehatq, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC Amerika Serikat merekomendasikan setiap orang mencuci tangan dalam kondisi-kondisi sebagai berikut.

  1. Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan


  2. Sebelum makan

  3. Sebelum dan setelah merawat orang sakit, baik di rumah maupun di pusat kesehatan, terutama bila ia sakit yang mengakibatkan muntah ataupun diare

  4. Sebelum dan setelah merawat luka

  5. Setelah buang air atau menggunakan toilet

  6. Setelah mengganti popok atau membersihkan anak-anak maupun bayi yang baru saja menggunakan toilet

  7. Setelah Anda batuk, bersin, dan membersihkan hidung

  8. Setelah menyentuh hewan, memberi makan, maupun membersihkan kotorannya

  9. Setelah menyentuh sampah

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."