3 Sebab Susah Mengingat Nama Orang

Ilustrasi nama (Pixabay.com)

ragam

3 Sebab Susah Mengingat Nama Orang

Minggu, 21 Juni 2020 15:50 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu termasuk yang susah mengingat nama orang lain? Tenang, kamu tidak sendirian merasakan itu. Mengutip laman Psychology Today, ilmuwan psikologi Universitas Florida, Amerika Serikat, Lise Abrams dan Danielle K. Davis dalam Current Direction in Psychological Science mengungkapkan terdapat fakta bahwa ada beberapa nama yang begitu sulit untuk diingat dapat mengajari kita banyak hal tentang cara kerja ingatan manusia.

"Kemampuan untuk mempelajari dan mengingat nama yang tepat, terutama nama orang, terkenal lebih sulit dibandingkan dengan jenis kata lain," tulis mereka.

Sementara itu, mengutip Time, Charan Ranganath, Direktur Program Memory and Plasticity di Universitas California, Amerika Serikat, menjabarkan alasan seseorang sulit mengingat nama orang lain.

1. Nama tersebut terlalu umum

Ada kecenderungan nama seseorang yang punya keunikan mudah diingat. Sebaliknya, jika seseorang punya nama yang terlalu umum maka kita kerap tak mengingatnya. Mengapa?

Menurut Charan, hal itu terjadi karena pikiran tak menganggap nama itu menarik, atau kita punya beberapa kenalan lain yang punya nama sama. Dengan menganggap namanya mudah diingat, Anda malah lebih mudah lupa. 

2. Manusia tidak hanya mengingat nama

Ketika berusaha mengingat nama seseorang, sebenarnya otak juga berusaha merekam wajah orang tersebut. Jadi, meski Anda berhasil mengingat nama seseorang, yang disebut Charan sebagai proses encoding, bisa saja Anda lupa karena ada 'kompetisi' untuk mencocokkan nama dengan wajah-wajah lain dalam ingatan Anda.

“Seringkali orang-orang merasa terlalu percaya diri, dan meremehkan betapa kerasnya kita perlu berusaha mengingat nama orang lain di waktu-waktu mendatang," ujarnya.

3. Anda tak tertarik dengan nama tersebut

Anda bisa lupa nama orang meski baru berkenalan kalau pribadi Anda yang memang pada dasarnya cuek atau memang orang tersebut tak meninggalkan kesan pertama yang menarik. Efeknya Anda jadi tak menganggap hal ini penting untuk diingat.