5 Beda Cinta dan Sayang, Mana yang Lebih Dalam Maknanya?

Ilustrasi pasangan (pixabay.com)

cinta

5 Beda Cinta dan Sayang, Mana yang Lebih Dalam Maknanya?

Minggu, 14 Juni 2020 12:56 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagian orang masih belum bisa membedakan rasa cinta dan rasa sayang. Padahal dalam fase cinta monyet pun, seseorang bisa merasakan cinta.

Mengutip laman Sehatq, ada perbedaan signifikan antara rasa sayang dan rasa cinta. Rasa cinta adalah kumpulan segala emosi terhadap seseorang termasuk rasa sayang. Sementara rasa sayang belum tentu disertai rasa cinta.

Salah satu ciri khas rasa cinta adalah keinginan untuk memiliki. Dan rasa cinta bisa berubah menjadi sayang. Namun ketika merasa sayang kepada seseorang, belum tentu ada keinginan untuk memiliki.

Berikut perbedaan antara rasa cinta dan rasa sayang:

  1. Hormon

    Wajah bisa merona, tubuh terasa hangat, salah tingkah, dan beragam reaksi aneh lainnya muncul saat melihat orang yang dicintai. Itu adalah reaksi hormonal ketika seseorang mencintai orang lain. Perubahan hormonal ini belum tentu muncul bagi orang yang merasa sayang.

  2. Merindu

    Ingin bertemu, kangen, dan perasaan yang tak menentu karena lama tidak bersua atau bahkan baru berpisah sekejap saja adalah bagian dari respons terhadap rasa cinta. Kadang-kadang kondisi ini menjadi tidak sehat karena seseorang jadi tak bisa konsentrasi karena menanggung rindu.

  3. Jadi yang utama

    Rasa cinta mendorong seseorang untuk memberikan apapun untuk membuat orang lain bahagia. Memberikan bunga, hadiah, atau apa saja yang menyenangkan. Kondisi ini berbeda dengan rasa sayang yang kadang-kadang masih ragu.

  4. Mengidolakan

    Siapapun yang dicinta akan menjadi idola. Itu salah satu prinsip dalam mencinta. Sementara mereka yang merasa sayang masih bisa berpikir objektif atau setidaknya cukup dilandasi dengan rasa empati.

  5. Cinta itu buta

    Ungkapan ini mungkin benar adanya karena apapun yang dilakukan oleh orang yang dicinta adalah benar adanya. Sampai-sampai mengesampingkan pendapat pribadi dan menurut apa kata orang tercinta.

SEHATQ