Aliya Rajasa: Teruskan Anak Belajar dari Rumah saat New Normal

(Paling kanan) Aliya Rajasa bersama anak sulungnya, Airlangga Satriadhi Yudhoyono. Instagram.com/@ruby_26

ragam

Aliya Rajasa: Teruskan Anak Belajar dari Rumah saat New Normal

Senin, 8 Juni 2020 13:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Adanya wacana Pemerintah membuka kembali sekolah dalam waktu dekat terkait penerapan new normal atau tatanan normal baru di tengah pandemi virus corona baru atau Covid-19. Menyikapi wacana tersebut, Aliya Rajasa mengungkapkan kekhawatirannya. Ibu tiga anak itu risau akan kesehatan anak-anak jika kembali belajar di sekolah saat pandemi.

"Ada timbul banyak sekali perbincangan akan haruskah sekolah kembali dibuka pada saat tahun ajaran baru nanti July/Agustus 2020. Jujur bagi saya untuk mengantar anak sendiri kembali ke sekolah dengan keadaan kasus covid19 di Indonesia yang belum menurun (masih terus meningkat dan ada kasus baru setiap harinya) sangatlah beresiko bagi keselamatan anak-anak," tulisnya di Instagram pada Senin, 8 Juni 2020.

Menurut Aliya, akan lebih baik jika anak-anak meneruskan program belajar dari rumah yang sudah dilakukan selama hampir tiga bulan ini. 

"Saya pribadi rasanya ingin untuk meneruskan program belajar dari rumah sampai aman betul bagi anak-anak kembali aktivitas di luar rumah.. Karena bagi saya kesehatan anak-anak adalah bekal yang utama dan pertama pada perjalanan mereka dalam menuntut ilmu," jelas adik ipar Annisa Pohan ini.

Selain mengutarakan kekhawatiran jika anak-anak kembali belajar di sekolah, perempuan 34 tahun ini juga memanjatkan doa agar kasus positif Covid di Indonesia segera menurun dan vaksin ditemukan. 

Selama pandemi Covid-19, Aliya Rajasa beberapa kali mengunggah kegiatannya menemani Airlangga Satriadhi Yudhoyono (7 tahun), Pancasakti Maharajasa Yudhoyono (4 tahun), dan Gayatri Idalia Yudhoyono atau Baby G (2 tahun) 

Dalam unggahan Instagram 22 April 2020, ia membagikan foto ketiga anaknya tengah mengerjakan tugas masing-masing. Di slide foto pertama tampak Baby G tengah serius melipat kertas, selanjutnya Sakti tengah mewarnai gambar menyerupai dinosaurus, dan terakhir si sulung, Airlangga terlihat tampak belakang mengerjakan tugas melalui gawai. Ia duduk di meja belajar berwarna biru dan ada botol minuman berwarna merah di samping gawainya.

"Istirahat dulu,, besok siap ngajar lagi jadi Bu guru di rumah.. muridnya cuma 3, tapi ampun kadang hilang arah jawabin pertanyaan-pertanyaan ajaibnya anak-anak," cerita Aliya. Apakah Ibu juga merasakan hal yang sama?" imbuhnya.

Aliya Rajasa menunjukkan kebersamaan bersama tiga anaknya di hari pertama karantina karena wabah virus corona, Senin, 16 Maret 2020. Instagram

Istri Edhie Baskoro Yudhoyono ini juga kerap berbagi unggahan Instagram seputar donasi Alat Pelindung Diri (APD), penyemprotan disinfektan, dan pembagian sembako di sejumlah wilayah Indonesia. Bersama Partai Demokrat yang kini dipimpin oleh kakak iparnya, Agus Harimurti Yudhoyono, ia bergerak dengan anggota partai lainnya bahu-membahu membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

Putri Hatta Rajasa ini menaruh perhatian besar terhadap perawatan ibu hamil dan anak terinfeksi Covid-19. Menurut Aliya, ibu hamil, bayi, dan anak-anak sama rentannya dengan orang usia lanjut terhadap virus corona.

"Namun saya tidak bisa berhenti memikirkan bagaimana nasib ibu hamil dan anak-anak yang terpapar covid-19, karena mereka membutuhkan penanganan khusus," tulisnya di Instagram pada Senin, 13 April 2020. Berkat dukungan berbagai pihak, ia berupaya agar tersedia rumah sakit khusus ibu dan anak yang terinfeksi Covid-19.

"Akhirnya.. setelah perjuangan panjang.. kini Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo atau RSCM gedung Pusat Kesehatan Ibu dan Anak (PKIA) KIARA RSCM telah dijadikan RS Rujukan Covid 19 untuk Ibu dan Anak. Terima kasih kepada @ctcorp_id mba @yanti.airlangga dan seluruh donatur yang telah berpartisipasi besar dalam pengadaan gedung ini. Bersama-sama kita bangkit dan bekerja sama demi Indonesia yg sehat dan kuat," ungkapnya.