Selain Bonding, Simak Manfaat Pijat Bayi untuk Tumbuh Kembang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pijat bayi. massagemag.com

Ilustrasi pijat bayi. massagemag.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam manfaat pijat bayi untuk tumbuh kembang secara optimal. Apa saja itu? Mulai dari melancarkan peredaran darah, memperlancar pencernaan bayi dengan menambah nafsu makan, mencerna dan menyerap makanan sehingga membantu menambah berat badan bayi.

Dokter spesialis anak Bernie Endyarni Medise melalui siaran pers yang diterima Tempo.co, Sabtu 6 Juni 2020 menjelaskan, stimulasi sentuhan yang diberikan oleh seorang ibu atau juga membantu bayi untuk relaksasi sehingga bayi dapat tidur lebih nyenyak dan lama, membantu meredakan ketidaknyamanan di saat mengalami kolik atau sedang tumbuh gigi, memperkuat massa tulang, dan meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas.

“Selain itu, pijat bayi juga dapat memperkuat ikatan emosional bayi dengan orang tua (bonding) karena melalui pijat bayi maka hormon oksitosin bayi dan ibu meningkat," kata dr Bernie. 

Hormon oksitosin adalah hormon yang membuat manusia merasa nyaman dan dicintai. Jadi, kata Bernie, pijat bayi tidak hanya memberi manfaat yang besar terhadap bayi itu saja, melainkan juga terhadap ayah dan ibu. 

Pijatan menjadi salah satu bentuk stimulasi yang penting diberikan pada bayi di 1.000 hari pertama kehidupannya. Stimulasi mendorong perkembangan bayi menjadi lebih cepat serta meningkatkan berbagai aspek keterampilan anak, baik emosional, sensorik maupun motorik serta membantu perkembangan sistem saraf. 

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."