Tips Move On dari Cinta yang Tak Berbalas, Jangan Kasihani Diri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wanita sedih/putus cinta. Shutterstock.com

Ilustrasi wanita sedih/putus cinta. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cinta tak berbalas atau cinta bertepuk sebelah tangan memang menyakitkan. Sudah bersusah payah mencuri perhatiannya dan menggapai cintanya, namun dia bergeming. Banyak yang melipur lara dengan menyatakan, "mungkin belum jodoh."

Namun yang lebih parah dari itu adalah mengasihani diri sendiri dan merasa diri tak layak dicinta. Memang tak mudah untuk bisa move on dari cinta yang bertepuk sebelah tangan. Rasa malu, minder, dan ujung-ujungnya berbalik takut mencinta bisa membawa efek yang berkepanjangan.

Mengutip laman Sehatq, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar dapat move on dari cinta bertepuk sebelah tangan. Yang penting, jiwa dan pikiran ini sudah tenang dulu sebelum melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Menerima kenyataan

    Dia mengacuhkan cintamu mungkin bukan karena kamu kurang cantik. Ketahuilah setiap orang punya selera berbeda. Begitupun kamu. Kamu punya selera pria seperti dia, namun dia tak melihatmu sebagai sosok yang mampu menarik perhatiannya. Itu wajar saja dan hadapilah kenyataan itu.

    Tak semua orang bisa tertarik dengan kita, begitu juga dengan kita yang tak mudah tertarik dengan banyak orang. Jadi, jangan mengasihani diri sendiri karena mungkin memang dia bukanlah yang terbaik untukmu.

    Bayangkan, kalau dia menjawab cintamu namun sebenarnya hatinya menolak, pasti kamu juga yang pada akhirnya akan merasakan kekecewaan yang lebih dalam. Ini hanya soal waktu saja.

  2. Luapkan kekesalan

    Tentu sebal dan marah jika cinta bertepuk sebelah tangan. Itu juga wajar. Sampaikan semua keluh-kesah, kekesalan, dan murkamu dengan hal-hal positif. Misalkan berolahraga, curhat kepada teman, atau menghibur diri dengan mendengarkan lagu, melukis, dan lainnya.

    Mungkin kamu juga butuh waktu untuk sendiri dulu untuk menenangkan hati dan pikiran. Lepaskan kesedihan dan petiklah pelajaran. Saat kamu sudah siap, keluar lagi dengan semangat baru.

  3. Bersenang-senang
    Dia tak merespons cintamu, itu bukan akhir dari segalanya. Itu hanya secuil cerita hidupmu yang memang pahit. Tapi apakah kamu ingin semua kisah hidupmu menjadi pahit karenanya? Tentu tidak.

    Kamu juga bisa bahagia tanpa dia. Jadi bersenang-senanglah. Lakukan sesuatu yang membuatmu gembira. Buktikan kalau dia bukanlah segalanya dalam hidupmu. Kamu punya jalan sendiri, begitu juga dengan dia.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."