Billie Eilish Curhat Tentang Body Image Melalui Film Pendek

Penyanyi Billie Eilish berpose dengan busana serba Chanel saat tampil di karpet merah Piala Oscar ke-92 di Hollywood, Los Angeles, 10 Februari 2020. REUTERS/Mike Blake

ragam

Billie Eilish Curhat Tentang Body Image Melalui Film Pendek

Kamis, 28 Mei 2020 07:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, JakartaBillie Eilish telah merilis sebuah film pendek baru yang membahas tentang standar ganda citra tubuh atau body image yang dihadapi wanita di Hollywood. Dalam film itu, Eilish membacakan sebuah monolog sambil melepaskan pakaian yang berlapis.

Film pendek, berjudul Not My Responsibility, awalnya akan diputar saat konser tur Billie Eilish, Where Do We Go? World Tour di Miami, Amerika Serikat awal tahun ini yang dibatalkan sejak pandemi corona.

Billie Eilish membacakan monolog yang menceritakan hubungannya yang kompleks dengan tubuhnya sendiri, keputusan tegasnya untuk menyembunyikannya, dan bagaimana orang tidak menghadapi jumlah kritik terbuka yang hampir sama.

"Apakah bahuku memprovokasi kamu? Apakah dadaku? Apakah aku perutku? Pinggulku? Tubuhku sejak lahir, bukankah itu yang kamu inginkan?" kata Eilish dalam film tersebut, saat ia melepaskan lapisan pakaian.

"Jika aku memakai apa yang nyaman, aku bukan seorang wanita. Jika aku melepaskan lapisan, aku pelacur. Meskipun kamu belum pernah melihat tubuhku, kamu masih menilai dan menilai aku untuk itu. Mengapa?" lanjut Eilish sebelum perlahan menghilang ke genangan air gelap.

Film pendek itu mendapat respon positif dari penggemar Billie Eilish. Penyanyi Bad Guy yang terkenal dengan gaya busana longgar dan sempat mendapat kririk dari media yang menganalisis bentuk tubuhnya. 

"Jika saya laki-laki dan saya mengenakan pakaian longgar ini, tidak ada yang akan menatap mata. Ada orang-orang di luar sana yang mengatakan, 'Berpakaian seperti perempuan sekali saja! Pakai pakaian ketat Anda akan jauh lebih cantik dan karier Anda akan jauh lebih baik lebih baik! '"kata Eilish selama wawancara bulan Maret 2019 dengan NME. "Tidak, tidak akan. Secara harfiah tidak akan."