Senam Ini Bisa Dilakukan Sambil Duduk Manis Sampai Tiduran

ilustrasi senam. Unsplash.com/Mark Zamora

kesehatan

Senam Ini Bisa Dilakukan Sambil Duduk Manis Sampai Tiduran

Selasa, 26 Mei 2020 11:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak jenis senam yang biasa dilakukan. Umumnya orang melakukan berbagai persiapan sebelum senam. Mulai dari musik, pakaian khusus senam beserta aksesorisnya, tempat senam yang memadai, dan lainnya.

Tapi senam yang satu ini tak butuh semua itu. Cuma satu modalnya, yakni niat. Kalau Anda berniat melakukan senam yang satu ini, bahkan sambil duduk manis atau tiduran pun bisa melakukannya. Namanya senam kegel.

Mengutip laman Sehatq, senam kegel adalah gerakan sederhana yang dilakukan dengan menahan dan melepas otot dasar panggul. Senam kegel bermanfaat untuk memperkuat otot dasar panggul sehingga bisa menahan buang air sampai memberikan kepuasan saat bercinta.

Bagi perempuan, banyak hal yang mempengaruhi kekuatan otot panggul. Mulai dari kehamilan, melahirkan, penuaan, sampai berat badan. Jika otot-otot panggul lemah, maka organ yang disangganya bisa turun ke vagina, sehingga timbul inkontinensia urine atau gampang ngompol. Terkadang air seni keluar sedikit saat batuk, bersin, atau beser. Ini pertanda otot panggul mulai kendur.

Ilustrasi wanita melakukan senam. shutterstock.com

Berikut langkah-langkah sebelum dan saat melakukan senam kegel:

  1. Temukan otot yang tepat

    Untuk mengetahui otot dasar panggul yang perlu dikencangkan, coba hentikan aliran urine saat sedang buang air kecil. Dari situ akan terasa otot dasar panggul yang bekerja menahan dan melepas air seni.

  2. Cari posisi yang nyaman

    Posisi berbaring adalah yang paling mudah untuk melakukan senam kegel. Jika sudah terbiasa, senam kegel bisa dilakukan sembari duduk, berdiri, atau melakukan aktivitas lainnya.

  3. Hitung waktu

    Saat melakukan senam kegel, hitunglah 3 detik setiap kali menahan dan melepas otot dasar panggul. Lakukan set ini beberapa kali setiap harinya.

  4. Fokus

    Latih fokus untuk membuat otot dasar panggul lebih ketat, bukan otot lainnya. Bagian otot yang kerap keliru ditarik saat senam kegel adalah otot bokong, paha, dan perut.

  5. Bernapas

    Senam kegel bukan berarti harus menahan napas selama beberapa detik. Tetaplah bernapas dan rileks saat melakukan senam kegel.

  6. Pengulangan

    Jika sudah terbiasa dengan senam kegel, ulangi hingga beberapa kali dalam sehari.

Tak perlu berlama-lama melakukan senam kegel. Yang penting adalah konsistensi berlatih. Jika Anda merasa nyeri saat melakukan senam kegel, segeralah berkonsultasi ke dokter.

SEHATQ