3 Manfaat Senam Kegel seperti yang Dilakukan Maria Vania

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Maria Vania. Instagram.com/@maria_vaniaa

Maria Vania. Instagram.com/@maria_vaniaa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Maria Vania merupakan presenter, model, dan kreator konten khusus kesehatan serta fitness. Di laman Instagram-nya, Maria Vania yang memiliki lebih dari 1,8 juta pengikut ini, juga kerap membagikan tips dan gerakan olahraga. Ia juga memiliki saluran Youtube yang berisi tentang fitness dan kesehatan. Dari tentang diet, olahraga membesarkan otot, mengecilkan perut, yoga hingga senam kegel.

Pada video yang diunggah 22 Oktober 2019, Maria Vania menunjukkan langkah-langkah senam kegel. “Saya akan mempraktikkan senam kegel yang bisa dilakukan di rumah, dan baik dilakukan oleh pria dan wanita,” buka wanita yang akrab disapa Vania ini.

Menurut perempuan 28 tahun ini, senam kegel memiliki banyak manfaat. Bagi wanita yang sudah melahirkan senam ini bisa memperkuat otot vagina atau miss V, sedangkan bagi yang belum menikah senam kegel bisa melatih otot pinggul supaya terlihat seksi.

Selain memperkuat otot vagina, berikut ini beberapa manfaat senam kegel pada wanita mengutip laman sehatq

1. Mencegah inkontinensia urine

Apabila seseorang kerap mengalami inkontinensia urine atau mudah mengompol saat bersin, batuk, atau tertawa, maka senam kegel bisa jadi latihan untuk mengatasinya. Selain itu, orang yang mengalami urinary urge incontinence atau keinginan untuk kembali buang air kecil, padahal baru usai buang air juga bisa mendapat manfaat dari senam kegel.

2. Mengatasi lemahnya otot panggul

Ada beberapa kondisi yang membuat otot panggul lemah seperti pasca-persalinan, mengejan berlebihan akibat konstipasi, atau berat badan berlebih. Manfaat senam kegel secara rutin adalah mengatasi lemahnya otot panggul terutama setelah melewati beberapa kondisi tersebut.

3. Menguatkan otot panggul saat bercinta

Latihan kegel juga bisa memperkuat otot dasar panggul di sekeliling miss V. Meski demikian, senam kegel bukan latihan untuk membuat miss Vlebih rapat. 

Cara melakukan senam kegel

Senam kegel bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tak perlu waktu lama melakukannya, lebih penting adalah konsistensi berlatih. Ingat juga bahwa jika senam kegel menimbulkan rasa nyeri, artinya ada yang salah.

Cara melakukan senam kegel yang tepat perhatikan beberapa hal, seperti menemukan otot yang tepat, mencari posisi yang nyaman, hitungan waktu yang tepat, fokus membuat otot dasar panggul lebih kuat, teknis bernapas yang tepat.

Selain itu, jika sudah terbiasa dengan senam kegel, maka repetisi bisa dilakukan hingga beberapa kali dalam sehari. Setiap kali melakukan senam kegel, lakukan tiga set secara berulang.

Selama melakukan senam kegel, otot lain di perut, punggung, juga bokokng harus tetap rileks. Jangan pula berlebihan melakukan senam kegel karena otot juga bisa menjadi lelah dan justru tidak bisa menjalankan fungsi utamanya.

YUNIA PRATIWI | YOUTUBE | SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."