Cara Merawat Kulit Wajah, Tangan, dan Bibir saat #dirumahaja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah wanita mengeluhkan kulit wajah terlihat lebih kusam dan bermasalah selama di rumah saja. Mereka merasa tak perlu merawat kulit karena jarang mengenakan makeup dan tidak banyak terpapar sinar matahari selama di rumah saja. Tapi nyatanya anggapan itu salah, sebab kulit layaknya tubuh yang harus selalu dirawat.

Terlebih lagi, sejumlah masalah kulit yang muncul selama di rumah saja bisa jadi akibat stres atau cemas akan pandemi Covid-19.  

"Ketika kita stres, tubuh kita bereaksi dengan memproduksi kortisol, hormon androgen yang mempersiapkan kita untuk melawan. Ini meningkatkan metabolisme, tekanan darah dan detak jantung, juga meningkatkan produksi sebum membuat kulit lebih rentan terhadap masalah," ujar Mario Luca Russo, pakar kulit dari Inggris. 

Itu sebabnya, para pakar kulit dan kecantikan mengatakan, meski tak keluar rumah, Anda tak boleh meninggalkan perawatan kulit dasar setiap hari. Cuci muka saja tak cukup.

Berikut beberapa perawatan kulit yang wajib dilakukan selama masa di rumah saja yang disarankan ahli

1. Tabir surya untuk melindungi dari sinar Ultraviolet atau UV

Anda wajib menerapkan tabir surya kapan pun, tidak hanya saat melangkah keluar. Apakah Anda tinggal di rumah atau pergi ke luar rumah sekali sehari untuk berolahraga, penting untuk menggunakan tabir surya spektrum penuh. Alasannya, jendela kaca dan tirai halus dapat diterobos sinar UV matahari.

"Menggunakan tabir surya setiap hari di masa lockdown (karantina wilayah) masih juga penting untuk merawat kulit. Sinar UVA hadir sepanjang tahun dan menjadi penyebab penuaan dini, ditambah lagi bisa menembus melalui kaca,” kata dokter spesialis kulit, Sam Bunting.

2. Membersihkan kulit secara teratur

Di masa karantina diri, banyak dari kita menemukan kulit jauh lebih kering, kusam, dan layu. Ini terutama karena perubahan lingkungan, stres dan kecemasan yang konstan, serta kebiasaan baru yang berdampak pada kulit.

Untuk mengatasi hal ini, pastikan menggunakan pembersih yang disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Setelah itu, lanjutkan dengan pelembap atau krim di malam hari.

Jadikan ini bagian dari rutinitas Anda karena sangat penting untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk di kulit Anda di siang hari dan memastikan regenerasi kulit secara optimal di malam hari.

Bersamaan dengan itu, jaga agar tubuh Anda tetap terhidrasi. Sebab itu juga berperan dalam menjaga kelembapan dan cahaya kulit.

3. Gunakan pelembap tangan

Mencuci tangan secara teratur penting untuk mencegah virus. Semakin sering mencuci tangan, semakin besar kemungkinan kulit kering. Banyak orang mengalami tangan pecah-pecah. Maka dari itu, pemakaian pelembap tangan secara teratur sangat penting.

4. Jangan abaikan perawatan bibir

Satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah perawatan bibir. Bibir kebetulan menjadi salah satu bagian tubuh yang paling sensitif dan membutuhkan perhatian serta perawatan yang ekstra. Jadi, ketika Anda merawat kulit, jangan lupa menjaga bibir agar tetap terhidrasi juga.

MILA NOVITA | INDIAN EXPRESS | ELLE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."