Setop Teh Manis Hangat, Pilih 5 Minuman Sehat Ini Buat Buka Puasa

Ilustrasi buka puasa. TEMPO/Subekti

kuliner

Setop Teh Manis Hangat, Pilih 5 Minuman Sehat Ini Buat Buka Puasa

Minggu, 17 Mei 2020 12:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Teh manis hangat adalah minuman favorit untuk buka puasa. Minuman manis dengan kandungan gula sederhana akan lebih mudah dicerna sehingga dengan cepat memulihkan energi.

Namun ada baiknya kita memilih minuman manis lainnya yang lebih sehat. Mengutip laman Sehatq, ada lima alternatif minuman sehat yang cocok untuk buka puasa. Rasa manisnya alami dan tidak seperti gula pasir, pemanis buatan, atau produk kemasan sejenisnya yang berisiko membuat kadar gula darah melonjak.

Berikut lima alternatif pilihan minuman manis yang sehat untuk buka puasa:

  1. Es buah segar dan sehat

    Es buah yang satu ini tentu tak menggunakan sirup instan. Rasa manis berasal dari madu dan buah kurma. Ada pula sedikit kecut segar dari lemon atau jeruk nipis dan buah beri-berian. Berikut resepnya.

    Ilustrasi buah potong. Shutterstock.com

    Bahan-bahan:- 1 buah kiwi- 1 buah mangga- 5 buah kurma- Beberapa buah berri, seperti raspbery, stroberi, atau blueberry- 1 - 2 buah jeruk nipis atau lemon- 1 sendok makan biji chia atau biji selasih- Madu, secukupnya

    Cara membuat:Potong semua buah-buahan di atas menjadi kotak kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam sebuah mangkuk besar. Tuangkan perasan jeruk nipis atau lemon dan madu. Aduk merata dan tambahkan beberapa es batu. Sajikan untuk buka puasa.

  2. Es buah yogurt

    Es buah juga bisa ditambahkan yogurt untuk memperkaya nutrisinya. Minuman berbahan dasar susu ini merupakan salah satu sumber probiotik atau bakteri baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan saat berpuasa.

    Ilustrasi yoghurt/yogurt. Pixabay.com

    Bahan-bahan:- 1 buah apel- 1 buah pir- 1 buah avokad- ¼ buah semangka- 1 bungkus sari kelapa (nata de coco) kemasan kecil- Yogurt tanpa rasa atau dengan rasa sesuai selera, secukupnya- Air putih, secukupnya- Es batu, secukupnya

    Cara membuat:Potong semua buah-buahan menjadi kotak kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam sebuah mangkuk besar. Tuangkan air putih dan es batu. Aduk merata dan tambahkan yogurt sebelum disajikan.

  3. Jus

    Jus menjadi minuman yang menyegarkan sekaligus sehat. Lebih baik lagi jika menambahkan sayuran hijau di dalam jus buah. Berikut ini resepnya.

    Ilustrasi jus buah (Pixabay.com)

    Bahan-bahan:- buah apel berukuran sedang, potong kotak kecil-kecil- 1 ikat bayam, potong kecil-kecil- 1 ikat seledri, potong kecil-kecil- Air perasan jeruk nipis atau lemon, secukupnya

    Cara membuat:Untuk membuatnya, haluskan semua bahan-bahan di atas menggunakan blender hingga benar-benar lembut. Sajikan minuman segar saat buka puasa ini selagi dingin.

  4. Infused water Tren infused water mungkin sudah bergeser. Tapi minuman ini tetap relevan dan sehat untuk buka puasa. Salah satu infused water sederhana yang bisa dibuat di rumah terbuat dari stroberi dan lemon.

    Ilustrasi infused water. shutterstock.com

    Bahan-bahan:- 1 buah lemon- 1 sendok teh madu- Buah stroberi sesuai selera- Air putih secukupnya- Daun mint

    Cara membuat:Potong lemon dan stroberi menjadi ukuran yang lebih kecil. Campurkan semua bahan ke dalam wadah berisi air putih. Diamkan semalaman di dalam lemari pendingin. Bisa juga menambahkan madu dan daun mint untuk memberikan rasa manis dan segar alami.

  5. Smoothies

    Smoothies adalah minuman segar saat buka puasa yang menyehatkan karena mengandung berbagai vitamin dan mineral. Mirip seperti jus buah-buahan, yang berbeda dari smoothies adalah ditambahkan susu atau produk turunannya. Bisa susu rendah kalori, susu almond, atau yogurt.

    ilustrasi smoothie (pixabay.com)

    Bahan-bahan:- 1 ½ gelas susu almond- 3 sendok makan biji chia - 1 gelas raspberry- ½ gelas stroberi- 1 sendok teh kapulaga bubuk

    Cara membuat:Siapkan sebuah mangkuk besar. Masukkan satu gelas susu almond dan biji chia, aduk menggunakan sendok, lalu diamkan selama 20 menit hingga 1 jam sampai kedua bahan tersebut tercampur merata dan teksturnya menyerupai pudding.

    Kemudian pindahkan campuran susu almond dan biji chia ke dalam blender, lalu tambahkan ½ gelas susu almond, buah raspberry, stroberi, dan kapulaga. Blender hingga halus. Tuang smoothie ke dalam gelas dan sajikan saat buka puasa.

SEHATQ