Manfaat Tea Tree Oil untuk Wajah, Cegah Kulit Kering dan Kusam

Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

kecantikan

Manfaat Tea Tree Oil untuk Wajah, Cegah Kulit Kering dan Kusam

Jumat, 15 Mei 2020 16:00 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Kulit kering bisa mengintai tampilan wajah saat berpuasa. Kekurangan cairan menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, bisa jadi pilihan produk perawatan kulit atau skincare Anda belum tercukupi kandungan hidrasi kulit. Kandungan tea tree oil atau minyak pohon teh salah satu yang bermanfaat untuk melembapkan kulit wajah.

Melansir laman Healthline, minyak pohon teh dapat membantu menenangkan kulit kering dengan mengurangi rasa gatal dan iritasi. Selain itu, sifat antiseptik minyak pohon teh juga bantu memerangi kulit berminyak.

Sebuah studi pada 2016 menunjukkan bahwa responden yang menggunakan tabir surya dengan kandungan minyak pohon teh selama 30 hari berkurang minyak berlebih di wajah. Sifat anti-inflamasi dari minyak pohon teh juga menenangkan kulit dan membantu menyembuhkan infeksi yang menyebabkan kulit gatal.

Merek kecantikan asal Korea, Maybena, pun memanfaatkan ekstrak tea tree oil sebagai salah satu kandungan dalam sheet mask atau masker wajah. Disarankan untuk memakai satu Multiple Intensive Moisture Mask setiap hari.

Dalam siaran pers yang diterima Cantika, Brand Manager Maybena, Jessica Sumardi, mengungkapkan Maybena hanya menggunakan bahan-bahan natural bersertifikasi EWG tanpa bahan kimia berbahaya, dan bersifat hypoallergenic. 

Termasuk pula dengan kandungan sheet mask yang terdiri dari asam hialuronat, peptide, ceramide, panthenol, dan ekstrak daun pohon teh untuk membuat kulit lebih cerah dan lembap. Selain itu, setiap lembar sheet mask Maybena direndam dalam 400 mL essence untuk menutrisi kulit lebih segar dan bercahaya.

Ragam kandungan tersebut ditampung dalam lembar masker yang sangat tipis, yaitu 0,02 mm dan terbuat dari bahan alami, yakni 100% pure seal sheet. Tujuan dari tipisnya masker agar bahan-bahan tersebut terserap sempurna di dalam kulit wajah.