Cara Menggunakan Minyak Jarak untuk Atasi Selulit

Ilustrasi minyak jarak (castor oil). Shutterstock

kecantikan

Cara Menggunakan Minyak Jarak untuk Atasi Selulit

Jumat, 15 Mei 2020 13:00 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Selulit adalah kondisi kulit di paha, pinggul, dan pinggang kita tampak berlesung pipi. Selulit bisa memengaruhi delapan dari sepuluh wanita. Sebab sejumlah wanita merasa tidak percaya diri dengan tampilan tersebut.

Selulit disebabkan oleh penumpukan sel-sel lemak tepat di bawah lapisan kulit yang mengakibatkan penampilan kulit bak berlesung pipi. Sel-sel lemak yang terakumulasi menekan jaringan ikat Anda dan menambah berat badan memperburuk kondisinya.

Sistem limfatik tubuh mengirimkan oksigen dan nutrisi dari darah ke sel, dan menghilangkan racun dan limbah dari sel Anda. Ketika sistem limfatik melemah, alirannya menjadi stagnan. Akibatnya, jaringan ikat yang menutupi sel-sel lemak kehilangan elastisitasnya dan sel-sel lemak di bawah kulit menumpuk. Ketika sel-sel ini terakumulasi dalam jumlah berlebih, mereka menekan permukaan kulit Anda yang merusak penampilannya.

Beberapa perempuan mengatasi selulit dengan berolahraga. Namun, hasil dari latihan selulit tidak selalu memuaskan. Ada pula berbagai prosedur medis untuk atasi selulit seperti perawatan laser hingga operasi. Jika Anda ingin cara alami, cobalah gunakan minyak jarak.

Minyak ini telah digunakan sebagai obat sejak zaman kuno. Minyak jarak juga dikenal berkhasiat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Minyak jarak kaya akan berbagai asam lemak serta asam risinoleat yang mampu menembus jauh ke dalam kulit untuk menyehatkan kulit dan tubuh Anda.

Gangguan sistem drainase limfatik menyebabkan perkembangan selulit dalam tubuh. Kemampuan minyak jarak untuk menembus jauh ke dalam kulit untuk meningkatkan sirkulasi darah dan aliran kelenjar getah bening, dan memastikan bahwa sistem drainase limfatik berfungsi tanpa gangguan.

Perawatan selulit dengan minyak jarak ini membutuhkan waktu untuk hasil optimal. Berikut cara menggunakan minyak jarak yang perlu Anda ketahui melansir dari laman Boldsky.

  • Ambil sedikit minyak jarak ke dalam mangkuk. Anda bisa memanaskan minyak atau menggosoknya di antara telapak tangan untuk menghangatkannya sebelum mengaplikasikan ke kulit.
  • Oleskan minyak pada daerah yang terkena seperti paha, pinggul atau pinggang. Selanjutnya, gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk sedikit tekan dan cubit lembut area selulit.
  • Pijat kulit dengan lembut secara berulang. Memijat kulit selama beberapa menit merupakan stimulasi yang cukup untuk kulit Anda.
  • Disarankan memijat area selulit dengan minyak jarak sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.
  • Anda juga dapat mencampurkan minyak jarak dengan beberapa tetes minyak esensial lavender dan minyak lemon untuk menjadikan perawatan ini lebih efektif bagi kulit Anda.