5 Tipe Orang Saat Rapat Online, Ada yang Memilih Jadi Misterius

Ilustrasi beberapa pekerja sedang rapat serius. shutterstock.com

karir

5 Tipe Orang Saat Rapat Online, Ada yang Memilih Jadi Misterius

Kamis, 14 Mei 2020 19:03 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu memperhatikan bagaimana gaya rekan kerjamu saat rapat online selama bekerja dari rumah di masa wabah corona ini. Sebelum rapat dimulai dan selama rapat berjalan, tentu ada beberapa orang yang menunjukkan kebiasaan unik saat rapat.

Mengutip laman Situs The Fast Company dan The Crimson, ada beberapa orang yang lupa mematikan mikrofon mereka sehingga ada suara yang masuk dan mengganggu jalannya rapat, ada juga yang bolak-balik meninggalkan rapat entah untuk apa. Dan masih banyak lagi kelakuan saat rapat berlangsung.

Berikut tipe orang yang unik saat melakukan rapat online:

  1. Lupa mematikan mikrofon

    Dalam suatu pertemuan, biasanya ada saja orang orang yang lupa mematikan fungsi mikrofon sehingga semua suara yang ada di sekitarnya masuk ke dalam rapat. Suara anak kecil, suara sepeda motor, suara pedagang keliling, suara dari televisi, suara orang berteriak, dan sebagainya.

    Kondisi ini tentu mengganggu rapat memecah konsentrasi peserta rapat. Tak jarang administrator rapat langsung mengingatkan agar orang tersebut mematikan fungsi mikrofon di headset atau earphone-nya.

  2. Latar harus bagus

    Beberapa orang selalu menunjukkan latar yang berbeda di setiap rapat. Umumnya mereka memilih latar lemari buku, lukisan, taman di luar rumah, dan lainnya. Tak jarang latar rapat yang berbeda-beda ini memantik pertanyaan iseng dari peserta rapat lainnya.

    Orang yang benar-benar mempertimbangkan latar saat rapat online bisa jadi sebenarnya lebih mementingkan pusat perhatian orang lain kepadanya, dari pada materi yang disampaikan.

  3. Sibuk sendiri

    Ada saja yang dilakukan saat rapat dan terlihat tidak fokus pada apa yang dibicarakan dalam rapat. Orang seperti ini sebenarnya tak peduli apakah kehadirannya di rapat itu benar diperlukan atau tidak. Dia hanya merasa tidak enak jika tidak hadir di rapat online dan memilih mengalihkan perhatian ke kegiatan lain yang lebih penting ketimbang rapat itu sendiri.

  4. Internet bermasalah

    Tipe peserta rapat yang satu ini selalu memiliki masalah saat pertemuan online. Rapat yang berlangsung pagi, siang, maupun malam selalu bermasalah. Misalkan suara putus-putus sampai tidak terdengar sama sekali, gambar terjeda, dan lain sebagainya. Kondisi ini tentu mengganggu jalannya rapat.

  5. Tiada bergambar

    Peserta rapat yang satu ini memilih menjadi sosok yang misterius. Dia tak memajang foto sebagai profil, tak juga menampakkan diri secara realtime selama rapat. Tak ada yang tahu apa yang dilakukannya, apakah dia benar-benar menyimak isi rapat atau dia turut serta lalu pergi begitu saja tanpa pamit.

Dari semua tipe peserta rapat online ini, kamu termasuk yang mana?

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | THEFASTCOMPANY | THECRIMSON