Hari Kartini, Susi Pudjiastuti: Jaga Keluarga dari Covid-19

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi narasumber saat acara diskusi

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi narasumber saat acara diskusi "Ngopi Bareng Presiden PKS" di DPP PKS, Jakarta, Senin, 20 Januari 2020. Diskusi ini mengangkat tema "Sengketa Natuna dan Kebijakan Kelautan".TEMPO/Muhammad Hidayat

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di Hari Kartini, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengingatkan masyarakat tentang semangat Raden Ajeng Kartini, terutama dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.

Susi Pudjiastuti mengajak semua orang, khususnya perempuan terinspirasi dengan semangat Kartini dalam kemandirian, kedisiplinan, dan menjaga keluarga. "Mari kita gerakkan semangat Kartini, untuk mandiri dalam menjaga keluarga, anak, cucu, masyarakat di tempat kita berada," tulis Susi Pudjiastuti di akun Twitternya, Selasa 21 April 2020.

Ihwal kedisiplinan, perempuan 55 tahun, itu mengimbau masyarakat tetap menahan diri untuk keluar rumah demi memutus mata rantai penularan Covid-19. Susi Pudjiastuti juga mengajak masyarakat berpikir positif dan membantu orang-orang di sekitar yang membutuhkan.

Susi Pudjiastuti bersama kedua cucunya. Instagram.com/@susipudjiastuti15

Selain Susi Pudjiastuti, sejumlah tokoh memperingati Hari Kartini sebagai penyemangat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membandingkan bagaimana dulu RA Kartini memperjuangkan pendidikan untuk masyarakat, terutama perempuan, dari rumah.

Kini, upaya berjuang dari rumah tetap relevan selama pandemi Covid-19. "Satu abad lalu Kartini sebagai perempuan, dipingit di rumah karena adat istiadat," tulis Sri Mulyani di Instagram. "Dinding rumah tidak menjadi penghalang bagi Kartini untuk memperjuangkan dan peduli akan nasib perempuan dan anak-anak untuk maju."

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Instagram/@smindrawqti

"Hari ini kita harus tinggal di rumah karena Covid-19. Kita dapat mencontoh semangat Kartini -meski di rumah, kamu dapat melakukan segala sesuatu yang positif untuk keluarga, komunitas, dan negaramu," tulis Sri Mulyani. "Jangan coba-coba mencari-cari alasan untuk tidak berbuat baik bagi sesama."

HENDARTYO HANGGI | RINI KUSTIANI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."