Chacha Frederica Bagi Tips Olahraga Jelang Melahirkan

Chacha Frederica berjemur di luar ruangan saat usia kehamilannya 31 minggu. Instagram.com/@chafrederica

kesehatan

Chacha Frederica Bagi Tips Olahraga Jelang Melahirkan

Rabu, 15 April 2020 18:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Presenter dan aktris Chacha Frederica tengah menanti kelahiran anak pertama. Usia kehamilannya memasuki 37 minggu. Istri Dico Ganindito ini kerap memperbarui informasi seputar kehamilannya lewat Instagram di tengah pandemi corona. Mulai dari saat pemeriksaan ke dokter memakai masker, jaga jarak fisik di rumah sakit, mencari rumah sakit ibu dan anak untuk lahiran hingga kesiapan hatinya melahirkan dalam situasi minim kontak fisik dengan kerabat dan sahabat.

Di unggahan terbarunya, perempuan 30 tahun ini kembali berbagi tips olahraga saat hamil. Padaunggahan-unggahan sebelumnya, ia bercerita manfaat berjemur dan yoga bagi ibu hamil dan janin. Memasuki kehamilan trimester ketiga ini, Chacha mengaku tetap olahraga, meski kerap dilanda rasa malas. Ibundanya, Hera Sudiyar, salah satu penyemangatnya terus bergerak untuk kemudahan proses melahirkan.

Chacha melakukan sejumlah gerakan olahraga yang dibagikan Lanny Kuswandi, doula (pendamping persalinan) dan pengembang hypnobirthing. 

"Jalan cepat 1 jam setiap hari, tapi baru mampu 30 menit, bu. Squat kalo bisa 100, kalo enggak bertahap semampunya. Duduk di gymball dengan 4 gerakan, yaitu muter searah jarum jam, muter lawan arah, maju mundur, dan kanan kiri. Tapi pinggulnya aja, badannya tetap tegap ya," jelas Chacha di Instagram pada Rabu, 15 April 2020.

Bila ibu hamil atau bumil jelang melahirkan seperti Chacha, semangati diri untuk terus berolahraga. Tapi jangan pula berlebihan, ya. Atau lebih baik konsultasi dulu gerakan apa yang paling pas dengan kondisi kehamilan bumil.

Sebab di trimester ketiga ini, ada sejumlah pantangan bagi kesehatan ibu dan janin, termasuk aktivitas fisik yang berat. Melansir laman Sehatq, bumil di trimester ketiga dianjurkan tidak melakukan aktivitas fisik yang berat karena bisa membahayakan diri sendiri dan janin. Selain itu, hindari minum alkohol secara berlebihan ketika hamil, apalagi saat hamil tua. Sebab bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti kelainan fisik, cacat intelektual, kejang, pertumbuhan bayi yang buruk hingga keterlambatan perkembangan.

Hindari pula konsumsi kafein berlebihan, menyantap daging dan ikan mentah karena berpotensi mengandung salmonella serta toksoplasmosis yang menyebabkan cacat lahir, berendam di air panas hingga bepergian jauh, terutama di masa pandemi corona.

Semoga sehat selalu Chacha dan ibu hamil lainnya yang menanti buah hati dalam hitungan hari.