Daftar Kartu Prakerja Dapat Rp 3,55 Juta, Ini Detail Pemakaiannya

Ilustrasi bekerja dari rumah (WFH). Shutterstock

karir

Daftar Kartu Prakerja Dapat Rp 3,55 Juta, Ini Detail Pemakaiannya

Minggu, 12 April 2020 13:12 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Pemerintah telah membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja untuk memfasilitasi pelatihan. Mereka yang memenuhi syarat dapat mendaftar melalui situs resmi www.prakerja.go.id mulai Sabtu, 11 April 2020.

Baca: Cara Daftar dan Syarat Program Kartu Prakerja, Dapat Rp 3,55 Juta

Bagi pendaftar yang memenuhi syarat dan lulus tes online akan mendapatkan uang sebesar Rp 3,55 juta. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan dana pada Kartu Prakerja ini dapat digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari dalam masa wabah corona ini.

"Tujuan dari kartu prakerja yang semula meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, kini juga meringankan beban biaya hidup terutama membantu daya beli untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," kata Airlangga saat konferensi virtual, Sabtu, 11 April 2020.

Airlangga Hartarto menjelaskan angka Rp 3,55 juta dalam Program Kartu Prakerja terdiri atas tiga paket. Berikut ini rinciannya:

  1. Biaya PelatihanDi dalam Program Kartu Prakerja terdapat biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta yang dapat digunakan untuk membeli berbagai jenis pelatihan di platform digital yang bermitra.

  2. InsentifAda pula insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, OVO, atau GoPay milik peserta. Rinciannya adalah insentif pascapenuntasan pelatihan pertama senilai Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan, artinya senilai Rp 2,4 juta.

  3. Insentif EvaluasiAda insentif pascapengisian survei evaluasi sebesar Rp 50 ribu per survei untuk 3 kali survei, artinya seniilai Rp 150 ribu.

Jika dijumlahkan, maka tiga paket tadi senilai Rp 3,55 juta.

Peserta yang telah menyelesaikan pelatihan pertama dapat mengambil pelatihan selanjutnya. Yang perlu diperhatikan adalah bantuan Program Kartu Prakerja ini akan hangus apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima, peserta belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan apapun.

Selama masa pandemi virus corona, pelatihan yang tersedia hanya melalui daring atau online. Para peserta bisa memilih pelatihan yang diinginkan di platform digital mitra resmi program Kartu Prakerja, yaitu Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir, dan Sisnaker.

Setelah situasi kembali normal, Airlangga Hartarto mengatakan pelatihan akan dilakukan dengan metode tatap muka. "Bantuan pelatihan lewat Kartu Prakerja ini hanya diberikan satu kali kepada satu orang supaya manfaatnya merata dan menjangkau lebih banyak," ujar Airlangga.

Mereka yang lulus seleksi Kartu Prakerja akan mendapat pemberitahuan melalui email dan atau SMS. Perlu diketahui bahwa Kartu Prakerja tidak berbentuk kartu fisik, melainkan terdiri dari 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan.