Selain Leher Kaku, Ini 3 Gangguan Kesehatan saat Tidur Tengkurap

Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz

kesehatan

Selain Leher Kaku, Ini 3 Gangguan Kesehatan saat Tidur Tengkurap

Jumat, 10 April 2020 21:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa di antara kita suka posisi tidur tengkurap saat membaca, menonton televisi atau bahkan saat bekerja dengan gawai. Ternyata posisi ini bisa berisiko untuk kesehatan, bila dilakukan dalam waktu lama. Usai membaca risikonya, segera ubah kebiasaan ini, ya. 

Berikut sejumlah risiko kesehatan dari tidur tengkurap

1. Leher kaku dan nyeri

Ketika tidur tengkurap, Anda akan memiringkan kepala ke kiri atau ke kanan agar bisa bernapas. Hal tersebut membuat tulang leher dan tulang belakang menjadi tidak sejajar.  Leher pun mendapat tekanan yang kuat dan menjadi tegang sehingga menimbulkan kaku dan nyeri.

Seiring waktu, masalah ini juga bisa berkembang karena sendi leher akan bergeser sedikit demi sedikit. 

2. Perut tidak nyaman

Tidur tengkurap akan membuat perut tertekan dan terbebani sehingga menyebabkan perut terasa tidak nyaman. Selain itu, posisi tidur ini juga dapat memberi tekanan pada organ dalam, khususnya jantung dan paru-paru. Anda pun membutuhkan 25 persen lebih banyak energi untuk tidur dengan posisi tengkurap.

3. Masalah pernapasan

Tak hanya perut, dada juga mendapat tekanan akibat tidur tengkurap, otot pernapasan juga akan terpengaruh. Alhasil Anda mengalami masalah pernapasan. Bahkan pergerakan tulang rusuk dan diafragma juga menjadi terbatas akibat posisi ini.

 Alih-alih merasa segar, tidur tengkurap justru membuat Anda terbangun dengan rasa sakit dan tidak nyaman di berbagai bagian tubuh. Oleh sebab itu, posisi tidur ini menjadi posisi yang paling buruk bagi kebanyakan orang. 

4. Nyeri tulang belakang

Tidur tengkurap membuat tulang belakang menjadi tegang karena posisi tengkurap bisa mengubah lengkungan alami tulang belakang sehingga menyebabkan kaku dan menegang. Ditambah lagi, tekanan pada bagian tengah tubuh yang tidak seimbang akibat posisi tengkurap bisa membuat tulang belakang Anda terasa nyeri.

Saat tulang belakang terasa nyeri, saraf-saraf tubuh di dalamnya pun bisa ikut terpengaruh. Sehingga dampaknya adalah Anda bisa mengalami kesemutan atau mati rasa pada bagian tubuh tertentu saat bangun tidur.

SEHATQ