Sophia Latjuba Bagi Tips Buat Masker Kain dari Bandana

Sophia Latjuba. Instagram.com/@sophia_latjuba88

ragam

Sophia Latjuba Bagi Tips Buat Masker Kain dari Bandana

Selasa, 7 April 2020 07:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejak Ahad, 5 April 2020, seluruh masyarakat yang ke luar rumah wajib memakai masker untuk cegah penularan virus corona baru atau COVID-19 sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO). Khusus bagi yang sehat dianjurkan memakai masker kain, sebab masker bedah dan N-95 yang sekali pakai dan ditujukan untuk petugas medis.

Masker kain bisa dipakai berkali-kali dengan memperhatikan durasi pakai dan cara mencuci. Disarankan tidak dipakai lebih dari empat jam. Untuk pencucian, terlebih dahulu direndam di dalam air sabun, baru kemudian dicuci.

Sebelum imbauan pemerintah akhir pekan silam, sejumlah selebriti sudah menggaungkannya. Mulai dari Maia Estianty dengan masker kain bertuliskan inisial namanya, Agni Pratistha menjahit sendiri masker kain untuk anak-anaknya dan untuk disumbangkan, kini Sophia Latjuba.

Ibu dua anak ini berbagi tips simpel dan praktis membuat masker sendiri tanpa menjahit. "Sharing sedikit sebelum yoga. Hanya perlu bandana, karet gelang, done. Keep your droplets to yourself," tulisnya di keterangan video dalam fitur Instagram TV, pada Sabtu, 4 April 2020. 

Ia mengaku ini kali pertama percobaannya membuat masker sendiri. Kemudian perempuan 49 tahun itu menunjukkan langkah pembuatannya. Pertama, bandana dilipat persegi panjang menjadi dua bagian, kemudian kedua sisi ujung diselipkan karet gelang. Lalu dilipat ke sisi dalam dan bisa langsung digunakan dengan menyelipkan karet.

Agar bagian hidung tetap rapat, Sophia menyarankan kamu bisa memakai kacamata. Perhatikan juga cara melepasnya jangan sampai menyentuh bagian luar. Lepas masker dari karet yang mengait di telinga agar meminimalisasi risiko terpapar virus corona. Tak lupa, ia mengingatkan untuk langsung dicuci usai dipakai.

EKA WAHYU PRAMITA