5 Cara Redakan Kecemasan Suami Istri di Tengah Pandemi Corona

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan berpelukan di tempat tidur.  shutterstock.com

Ilustrasi pasangan berpelukan di tempat tidur. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meski sudah menjauh dari berita dan media sosial seputar virus corona baru atau COVID-19, kecemasan masih melanda sejumlah orang. Banyak pemicunya karena memikirkan kapan kondisi ini bakal berakhir atau akibat stres dengan beban kerja selama di rumah saja. Bila Anda tengah merasakan hal itu, ayo sama-sama dilawan bersama suami.

Sebab bila daya tahan tubuh atau imunitas kita menurun akibat stres dan cemas, tubuh kita jadi rentan penyakit. Apa yang bisa dilakukan bersama suami? Hujani keseharian Anda dengan kata-kata dan tindakan penuh kasih sayang.

Salah satu bahasa cinta yang paling utama bagi suami istri adalah sentuhan fisik, misalnya berpelukan. Lakukan ini setiap hari, maka kedamaian akan dirasakan. "Sebab ketika berpelukan, tubuh kita akan memproduksi hormon-hormon kebahagiaan, dan ini akan menimbulkan perasaan aman dan tentram. Kecemasan akan mereda, dan kita menjadi lebih tenang dalam menghadapi kondisi yang mengkhawatirkan karena pandemi ini," ucap psikolog Anisa Cahya Ningrum kepada Tempo.co, Kamis 2 April 2020.

Selain pelukan, ada lima tips yang bisa diterapkan bersama pasangan untuk redakan kecemasan

1. Jangan pelit bilang cinta

Utarakanlah kalimat-kalimat positif yang menentramkan dan menyenangkan satu sama lain. Jangan segan-segan mengucapkan “Aku sayang kamu”, “Aku kangen”, “Aku ingin selalu dekat denganmu”. Anda dan suami perlu mendengar kata-kata yang bermakna dicintai dan dibutuhkan.

2. Perhatian sederhana

Pasangan juga akan merasakan kebahagiaan saat mendapatkan perhatian dalam bentuk tindakan yang nyata. Lakukan sesuatu untuk meringankan tugas atau beban dari pasangan. Kadang hanya dengan membantu membuatkan secangkir kopi bisa menentramkan hati pasangan.

3. Waktu spesial

Luangkan waktu yang cukup untuk berinteraksi dengan pasangan. Setiap hari, kita perlu memberikan “ruang khusus” untuk berkomunikasi dengan pasangan secara intim.

4. Melakukan kegiatan bersama

Keharmonisan juga membutuhkan kreativitas. Apalagi di masa pandemi corona ini, di mana Anda dan suami harus tinggal di rumah sepanjang hari. Lakukan aktivitas kreatif yang menyenangkan dan berbeda setiap harinya.

"Cari cara-cara yang unik, agar tidak terasa jenuh dan membosankan. Lakukan brain storming untuk menyusun rencana dalam satu minggu ke depan, apa saja yang akan dilakukan bersama, dan apa yang akan dikerjakan secara pribadi," paparnya.

5. Romantisme

Romantisme kadang juga perlu dibangun dengan memberikan hadiah yang spesifik bagi pasangan. Tidak harus berbentuk barang-barang yang mahal, berikanlah sesuatu yang mungkin sedang dibutuhkan. Hadiah-hadiah kecil kadang menjadi bukti bahwa kita peduli pada kebutuhan pasangan.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."