Tanda Orang Jatuh Cinta, dari Mata Turun ke Hati Itu Benar Adanya

Ilustrasi pasangan/bercinta. AP/John Minchillo

cinta

Tanda Orang Jatuh Cinta, dari Mata Turun ke Hati Itu Benar Adanya

Senin, 30 Maret 2020 16:01 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Orang dulu bilang, cinta itu dari mata turun ke hari. Dan sekarang ungkapan tersebut bisa dibuktikan kebenarannya. Jadi kalau kamu punya gebetan, coba perhatikan matanya saat kalian bersama.

Mengutip laman Sehatq, salah satu tanda orang jatuh cinta adalah pupil mata membesar. Pupil mata membesar terjadi karena pengaruh hormon oksitosin dan sistem saraf simpatik. Kadar hormon cinta ini meningkat saat seseorang tertarik secara seksual dan romantis kepada orang lain.

Tak hanya pupil mata membesar, berikut tanda-tanda seseorang jatuh cinta yang tampak dari reaksi tubuhnya.

  1. Pipi merona

    Pipi yang memerah merupakan tanda ketertarikan kita terhadap orang lain. Wajah memerah ini bisa terjadi karena kita mengalami rush of adrenaline, yakni saat pelepasan hormon adrenalin diiringi dengan peningkatan detak jantung dan pelebaran pembuluh darah.

  2. Kontak mata

    Sesekali beradu pandang atau curi-curi pandang, inilah tanda orang jatuh cinta. Disadari atau tidak, orang yang sedang kasmaran selalu ingin memandangi pujaan hatinya. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Personality and Social Psychology menyatakan pasangan yang dimabuk cinta cenderung lebih sering melakukan kontak mata.

  3. Mencondongkan tubuh dan perhatikan arah kaki

    Orang yang jatuh cinta cenderung mencondongkan tubuh ke arah gebetannya saat bersama. Dia selalu ingin dekat dengan orang yang disukai. Dan perhatikan juga arah kakinya. Biasanya orang yang menyukaimu akan mengarahkan kaki kepadamu saat berbicara.

  4. Meniru

    Tanpa sadar orang yang menyukai orang lain akan melakukan gerakan yang sama dengan orang tersebut. Perilaku ini disebut mengimitasi atau mirroring yang juga menjadi salah satu tanda jatuh cinta. Contoh sikap meniru yang umum terjadi adalah posisi tangan yang sama, mengambil gelas untuk minum secara bersamaan ketika semeja, dan lainnya.

  5. Sentuhan

    Jangan kaget jika gebetanmu tiba-tiba menyentuh. Entah sengaja atau tidak, ini adalah salah satu tanda konkret seseorang sedang jatuh cinta. Bentuk sentuhan misalnya menyentuh lengan, memegang bahu, atau menggandeng tangan yang jelas-jelas menjadi pertanda cinta.

SEHATQ