Karantina Diri, Raline Shah Akan Bagi Cara Meditasi secara Online

Raline Shah saat meditasi. Instagram.com/@ralineshah

ragam

Karantina Diri, Raline Shah Akan Bagi Cara Meditasi secara Online

Senin, 23 Maret 2020 11:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam aktivitas figur publik saat memilih karantina diri atau membatasi ruang gerak di rumah untuk menekan penyebaran virus corona baru atau COVID-19. Salah satunya meditasi seperti yang dilakukan Raline Shah. Ia bermeditasi sejak sepekan silam. Menilik unggahan akun Instagram ia pada Ahad, 15 Maret 2020, bentuk meditasi pilihannya adalah meditasi hening selama tujuh hari tanpa bicara, tanpa ponsel, musik ataupun buku.

Selain itu, aktris 35 tahun itu mengungkapkan hanya mengonsumsi makanan nabati yang telah disiapkan sebelumnya. 

Menurut bintang film 5 CM ini, kondisi sekarang begitu banyak ketakutan yang mendalam tentang apa yang akan terjadi di masa depan. Begitu banyak rencana yang telah dibatalkan. Secara naluriah, finalis Puteri Indonesia 2008 ini hanya menginginkan untuk tinggal di rumah serta menutup telinga dan matanya dari kebisingan.

Saat memulai meditasinya pekan lalu, ia berjanj akan berbagi manfaat yang ia rasakan. Betul saja, ia menepati janji yang dituliskannya via Instagram. Hari ini, Senin, 23 Maret 2020, ia membagikan unggahan video dirinya tengah berada di dalam mobil menuju ke rumahnya yang lain, bukan untuk bepergian ke luar rumah. 

Di video itu terlihat ia menarik napas panjang kemudian mengembuskannya.

"Oh dan saya baru saja mengakhiri meditasi hening tanpa telepon, buku, menulis, dan berbicara. Ditambah minimal 6 jam meditasi dan mendengarkan ceramah yang mencerahkan dari para guru di masa lalu dan sekarang. Itu mengubah hidup! Saya bisa melakukannya selama seminggu lagi, tetapi teman-teman dan keluarga saya mungkin akan menolak saya," tulis Raline di keterangan foto. 

 

 

Ia juga sudah menghidupkan ponselnya dan menerima beragam pesan terkait virus corona. Salah satu manfaat yang ia rasakan adalah ingin berbagi cara meditasi kepada warganet via online.

"On day 3 as of today. Juga hari besok aku akan share pembelajaran meditasi GRATIS online berbentuk e-learning untuk teman teman yang tertarik. Ini dari salah satu guru meditasi kesehatan saya yang banyak membantu kehidupan saya sehari hari, Pak Merta Ade dari Bali Usada. Semoga dalam waktu musibah ini teman teman bisa aman dan selamat, sehat sejahtera dan tambah sadar baik dan bijaksana. Insha’allah," harapnya.

Raline memang sudah menghabiskan banyak waktu untuk menguasai meditasi selama dua tahun terakhir ini, dan akhirnya sekarang ia memiliki kesempatan untuk melakukan detoksifikasi dari kehidupan dan mencoba meditasi gaya-vipassana.

“Vipassan berarti melihat dengan jelas, dan praktik berpusat pada gagasan bahwa di dalam diri kita dan di dunia sekitar kita, segala sesuatu adalah hal yang tidak pasti dan tidak dapat dikendalikan. Secara teori, sekali kita bisa diam untuk beberapa hari, kita akan bisa menenangkan pikiran dan tetap terpusat,” jelasnya.

 

SILVY RIANA PUTRI | ALFI SALIMA PUTERI