Wabah Corona, 3 Langkah Pesan GoFood dengan Social Distancing

Pengunjung berfoto di photobooth dalam Jakarta Culinary Feastival (JCF) 2017 di Senayan City, Jakarta Selatan, 17 November 2017. Festival Kuliner hasil kerjasama GO-JEK dan Ismaya ini menghadirkan chef nasional dan internasional, serta top 20 best selling Go-Food. TEMPO/ Nita Dian

ragam

Wabah Corona, 3 Langkah Pesan GoFood dengan Social Distancing

Jumat, 20 Maret 2020 14:46 WIB
Reporter : Caesar Akbar Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Kamu yang biasa pesan makanan melalui GoFood biasanya saling berbalas pesan dengan pengemudi GoFood terkait pesanan makanan, metode pembayaran dan pengantaran. Namun periode wabah corona, kamu mesti menerapkan social distancing atau menjaga jarak dengan orang lain, termasuk pengemudi GoFood.

Ketimbang bolak-balik berbalas pesan dengan pengantar GoFood, Go-Jek Indonesia meluncurkan fitur baru pada layanan GoFood untuk menghindari kontak fisik. Fitur tambahan tersebut berupa opsi teks pesan cepat pada fitur percakapan di dalam pesanan antara pelanggan dan pengantar GoFood.

"Kami mengembangkan opsi pengantaran makanan tanpa kontak fisik secara langsung untuk meningkatkan pengalaman kuliner di rumah yang aman, tenang, dan nyaman," ujar Chief Food Officer Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo dalam keterangan tertulis, Kamis, 19 Maret 2020.

icon Gofood di area festival, Selasa 9 januari 2017 (TEMPO/Anastasia Pramudita Davies

Tiga langkah memesan GoFood tanpa kontak langung itu meliputi:

  1. Pemesan memilih pembayaran non-tunai untuk meminimalisir terjadinya kontak langsung.

  2. Setelah memesan makanan dan mendapat mitra pengemudi, pilih beberapa opsi pesan cepat di fitur chat. Di antaranya, meminta pengemudi menaruh makanan di pagar atau pintu rumah, menitipkan di lobi, atau mengabari bila sudah sampai.

  3. Saat pemesan memilih opsi pengantaran tanpa kontak langsung, maka mitra pengemudi akan mengirimkan foto setelah makanan diantar. Foto tersebut adalah bukti bahwa makanan telah diletakkan di tempat yang telah disepakati.

GoFood juga menyediakan kartu penanda suhu tubuh yang berisi informasi mengenai suhu tubuh dari pihak yang menangani makanan pesanan. Misalkan karyawan mitra yang memasak, menyiapkan makanan, serta pengantar makanan.

Langkah itu, kata Catherine, untuk memastikan keamanan dan menjaga makanan tetap higienis hingga diterima pemesan. "Kami akan terus berupaya membuat inisiatif dan inovasi baru untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona baru atau COVID-19."