Suami Istri Raih Gelar Doktor Bersama di ITS, Kisah Cintanya Unik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Pasangan suami istri raih gelar doktor bersama di Institut Teknologi Sepuluh November atau ITS adalah Muhammad Ahsan dan Hidayatul Khusna. Foto: Situs resmi ITS

Pasangan suami istri raih gelar doktor bersama di Institut Teknologi Sepuluh November atau ITS adalah Muhammad Ahsan dan Hidayatul Khusna. Foto: Situs resmi ITS

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya atau ITS memiliki dua wisudawan doktor statistika yang merupakan pasangan suami istri. Mereka adalah Muhammad Ahsan dan Hidayatul Khusna.

Muhammad Ahsan dan Hidayatul Khusna lulus dari program doktoral Departemen Statistika ITS secara bersamaan dan diwisuda pada Sabtu, 14 Maret 2020. Tak hanya gelar dan wisudah, pasangan ini juga menempuh sidang terbuka promosi doktor secara bersamaan pada 19 November 2019.

Muhammad Ahsan dan Hidayatul Khusna ternyata baru saling kenal ketika memulai studi doktoral. "Kami pertama kali kenal dari Program Menuju Doktor Sarjana Unggul atau PMDSU. Kebetulan kami satu promotor, kemudian menikah pada 2016," kata Khusna seperti dikutip dari situs resmi ITS

Dalam menyelesaikan studi doktoral, pasangan doktor ke-32 dan ke-33 Departemen Statistika ITS ini saling mendukung dan menyemangati satu sama lain. Mereka kerap berdiskusi dan saling mengoreksi terkait penelitian yang sedang dikerjakan. "Menarik rasanya bisa belajar dan ke sana ke mari bersama-sama," kata Ahsan ini.

Pasangan suami istri Muhammad Ahsan dan Hidayatul Khusna berhasil meraih gelar doktor bersama di ITS dan diwisuda pada Sabtu, 14 Maret 2020. Foto; Situs resmi ITS

Terlebih selama menyelesaikan studi doktoral tersebut, Khusna sedang mengandung anak pertama mereka. Hamil sambil menyelesaikan disertasi, diakui Khusna, tidaklah mudah. Dia harus pandai membagi waktu agar cukup istirahat.

Pada akhirnya, pasangan suami istri ini lulus dengan predikat Cumlaude secara bersamaan. Khusna berhasil meraih gelar doktor dengan disertasi berjudul Pengembangan Diagram Kontrol Maximum Multivariate Cumulative Sum (Max-MCUSUM) untuk Data Berautokorelasi. Adapun penelitian disertasi Ahsan berjudul Pengembangan Diagram Kontrol Multivariat Berbasis PCA Mix untuk Deteksi Intrusi.

Kebahagiaan Ahsan dan Khusna kian lengkap karena buah hati mereka sudah lahir belum lama ini.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."