Cegah Virus Corona, Widi Mulia: Bersihkan Gawai yang Dipakai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Widi Mulia dan suami, Dwi Sasono, beserta ketiga buah hatinya. Instagram.com/@widimulia

Widi Mulia dan suami, Dwi Sasono, beserta ketiga buah hatinya. Instagram.com/@widimulia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Usai Pemerintah Indonesia mengumumkan dua kasus positif virus corona atau COVID-19 pada Senin, 2 Maret 2020, sejumlah pihak terus mengampanyekan tindakan pencegahan. Kementerian Kesehatan, World Health Organization (WHO) hingga Palang Merah Indonesia terus membagikan informasi agar kita fokus pada pencegahan. 

Kalangan selebriti pun ikut menyuarakan agar kita fokus pada tindakan pencegahan. Salah satunya personel B-Three Widi Mulia juga menuliskan pendapatnya di akun Instagram ia mengenai pemberitaan virus corona agar masyarakat bisa mencari informasi dengan seksama.

"Mari jaga kesehatan fisik dan mental kita juga teman-teman. Cari informasi penting dan pelajari dengan saksama. Nggak perlu semuanya dipercaya. Terutama berita yang terasa mengancam dan hanya menakut-nakuti saja," tulis ibu tiga anak ini di Instagram, Senin, 2 Maret 2020.

Istri aktor Dwi Sasono ini juga mengingatkan kembali kebiasaan sehat di rumah bersama keluarga. "Persering mencuci tangan, dan bersihkan gadget yang sering berada dalam genggaman. Selamat beristirahat dengan tenang malam ini. Semoga besok bisa bangun lebih segar dan semangat beraktivitas kembali!" tulis Widi yang diakhiri emoji hati.

Berkaca pada anjuran WHO atau Badan Kesehatan Dunia, Anda bisa menerapkan langkah-langkah pencegahan berikut, bagikan pula kepada keluarga dan kerabat

1. Cuci tangan Anda sesering mungkin

Cuci tangan secara teratur dan menyeluruh bersihkan dan gosok tangan Anda dengan sabun dan air mengalir. Bila tidak ada, gunakan cairan antiseptik.

2 Pertahankan jarak interaksi

Pertahankan jarak setidaknya satu meter (sebanyak tiga kaki) antara Anda dan siapa saja yang batuk atau bersin.

Ketika seseorang batuk atau bersin, mereka akan menyemprotkan tetesan cairan kecil atau droplet dari hidung atau mulut yang mungkin mengandung virus. Jika Anda terlalu dekat, Anda bisa menghirup tetesan air, termasuk virus COVID-19 jika orang tersebut menderita.

3. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut

Tangan menyentuh banyak permukaan dan dapat mengambil virus. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut Anda. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh Anda dan bisa membuat Anda sakit. Jadi, benar-benar perhatikan kebersihan tangan Anda.

4. Lakukan kebersihan pernapasan

Pastikan Anda, dan orang-orang di sekitar mengikuti kebersihan pernapasan yang baik. Ini berarti menutupi mulut dan hidung Anda dengan siku atau jaringan yang tertekuk saat Anda batuk atau bersin. Kemudian segera buang tisu bekas.

Dengan mengikuti kebersihan pernapasan yang baik Anda melindungi orang-orang di sekitar Anda dari virus seperti flu dan COVID-19.

5. Cari perawatan medis

Tetap di rumah jika Anda merasa tidak sehat. Jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis dan hubungi terlebih dahulu. Ikuti arahan otoritas kesehatan setempat Anda.

Pemerintah pusat atau daerah memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda. Selain itu, Anda bisa menelepon mereka dan mengikuti arahan ke fasilitas kesehatan yang tepat. Hal tersebut akan melindungi Anda dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."