Kesha Ratuliu Cerita Benjolan Payudara Kanannya: Penting SADARI

Kesha Ratuliu. Instagram.com/@kesharatuliu05

kesehatan

Kesha Ratuliu Cerita Benjolan Payudara Kanannya: Penting SADARI

Senin, 24 Februari 2020 20:45 WIB
Reporter : Non Koresponden Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Unggahan Insta Story Kesha Ratuliu menjadi pembelajaran kita bersama agar tidak mudah menyimpulkan. Ia membagikan unggahan foto hasil pemeriksaan Ultrasonography atau USG di Instagram Story pada Ahad, 23 Februari 2020. Unggahan itu menuai respons dari warganet. Sebagian dari mereka menyimpulkan itu adalah foto USG janin yang tengah dikandung oleh Kesha.

Beberapa jam kemudian, Kesha pun memberikan pernyataan bahwa foto yang diunggahnya  bukanlah foto hasil USG janin, melainkan tumor atau kista di payudaranya.

“Itu hasil USG payudaraku yang sebelah kanan. Kenapa ada lingkaran hitam yang kalian sangka itu janin. Itu adalah tumor / kista. Kenapa masih belum tahu, karena aku belum konsul kembali dengan dokter hehe,” tulis Kesha pada unggahan insta story-nya.

Tumor payudara merupakan benjolan tidak normal akibat pertumbuhan sel yang terjadi secara terus menerus. Sedangkan kista payudara merupakan benjolan berbentuk bulat atau lonjong yang berisi cairan dan tumbuh pada jaringan payudara. 

Keisha mengungkapkan ia bercerita karena sebagian besar pengikutnya adalah wanita. Ia juga ingin mementingkan SADARI atau Periksa Payudara Sendiri, yang bisa dilakukan di rumah. 

Kesha Ratuliu mengunggah hasil USG benjolan di payudaranya di Instagram Story pada Ahad, 23 Februari 2020. (Instagram/@kesharatuliu05)

“Banyak banget yang nanya gimana aku bisa notice, karena punyaku nyut-nyutan tapi cuma di daerah yang ada benjolannya. Pas aku pegang ternyata ada benjolan. Tapi ada juga yang nggak sakit, makanya penting banget Sadari tuh,” tulis Kesha.

Menurut Keisha, tipe kelenjar payudaranya yang besar sehingga lebih muda untuk mengetahui jika ada tumor atau kista yang tumbuh di payudara.

“Dan beruntungnya benjolan ini ada di arah jam 2 payudara kananku. Jadi aku tahu lebih cepat kalau ada benjolan. Setelah dicek, ternyata sudah 3 sentimeter, jadi lumayan besar menurutku,” ia menambahkan.

Perempuan 21 tahun ini juga mengingatkan para perempuan jika menemukan benjolan dan sebagainya, agar segera mengecek ke dokter onkologi. Hingga saat ini, Kesha baru konsultasi sekali karena menyesuaikan jadwalnya.

“Tapi aku akan update terus ke kalian supaya para perempuan tahu cara mencegahnya, atau jika sudah ada, tahu cara mengatasinya. Nanti akan ada info dari aku di hari Selasa mungkin setelah aku konsul dengan dokter,” tutur Kesha Ratuliu.

 

 

ALFI SALIMA PUTERI