Kisah Maggie Hutauruk-Eddy Merancang Koleksi Liga di NYFW

Koleksi Liga karya 2Madison Avenue yang ditampilkan dalam New York Fahsion Week Fall Winter 2020/2021 diperagakan kembali di Jakarta, Selasa 18 Februari 2020. Foto: Dok. Tim Muara Bagdja

mode

Kisah Maggie Hutauruk-Eddy Merancang Koleksi Liga di NYFW

Rabu, 19 Februari 2020 11:20 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Karya teranyar 2Madison Avenue yang bertajuk "Liga" dipamerkan di  New York Fashion Week (NYFW) Fall/Winter Collection 2020/2021. Sebanyak 16 set busana ditampilkan pada 10 Februari 2020 lalu di lantai 1 sebuah gedung berusia 150 tahun, dan terletak di daerah Soho, tepatnya di 417 Broadway, New York 10013.

Saat menonton, penikmat mode seakan dibawa masuk pada himpunan karya yang lahir dari rasa peduli akan lingkungan hidup hingga keprihatinan yang terjadi di dunia yang luas. Tak disangka ide menarik dan out of the box rancangan direktur kreatif 2Madison Avenue Maggie Hutauruk-Eddy datang dari pemikiran anak-anaknya. Saat anak-anaknya menonton profil aktivis lingkungan muda Greta Turnberg, menurut mereka apa yang bisa dilakukan buat menyelamatkan bumi.

Creative Director 2Madison Avenue Maggie Hutauruk-Eddy di acara sharing session dan fashion presentation koleksi Liga di Jakarta, Selasa 18 Februari 2020. TEMPO/Eka Wahyu Pramita

"Pemikiran anak Gen Z memang beda dengan saya dulu, pemikiran mereka sudah sampai ke sana dan ingin melakukan sesuatu meski kecil, akhirnya saya berpikir kenapa enggak saya menciptakan karya yang lebih mencintai bumi," ucap Maggie.

Pesan mencintai bumi diwujudkan Maggie dalam tulisan "Pro Earthy" di beberapa look-nya. Ia gelisah melihat perilaku penghuni bumi saat ini. Contohnya, banyak yang memilih kesenangan pribadi dibanding dengan merawat lingkungan sekitar diekspresikan dalam warna terang seperti pink, biru, serta nuansa kelam seperti hitam, silver, dan warna silau seperti kuning.

Koleksi Liga karya 2Madison Avenue yang ditampilkan dalam New York Fahsion Week Fall Winter 2020/2021 diperagakan kembali di Jakarta, Selasa 18 Februari 2020. TEMPO/Eka Wahyu Pramita

Gaya eklektik menjadi ciri khas 2Madison Avenue, yang mencampuradukkan corak, warna, tekstur, struktur, dan sentuhan konstruksi ke dalam karyanya. Maggie tak pernah pantang memasukkan unsur baru ke dalam rancangannya. Ia tak ragu, misalnya, untuk memadukan motif kelautan yang berkesan massif dan halusnya bahan brokat nan feminin dipadu sepatu bot bergaya maskulin.

Koleksi Liga karya 2Madison Avenue yang ditampilkan dalam New York Fahsion Week Fall Winter 2020/2021 diperagakan kembali di Jakarta, Selasa 18 Februari 2020. TEMPO/Eka Wahyu Pramita

Selain memamerkan 16 set busana siap pakai, dipamerkan pula enam rancangan tambahan yang dipresentasikan secara khusus di depan calon pembeli, usai peragaan busana. Ini merupakan kali kedua 2Madison Avenue melenggang di perhelatan NYFW. Tahun sebelumnya, ia membawa karya segitiga biru yang mencuri perhatian.