Valentine Milea: Suara dari Dilan, yang Tetap Adalah Kenangan

Aktris Vanesha Prescilla pemeran Milea berpose disamping poster film Milea:Suara Dari Dilan di XXI Epicentrum, Jakarta, 09 Desember 2019. Film Milea: Suara Dari Dilan merupakan seri film Dilan yang diangkat dari novel best seller yang berjudul sama karya Pidi Baiq. TEMPO/Nurdiansah

ragam

Valentine Milea: Suara dari Dilan, yang Tetap Adalah Kenangan

Jumat, 14 Februari 2020 06:55 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Bandung - Film Milea: Suara dari Dilan tayang mulai Kamis, 13 Februari 2020. Trilogi film Milea dan Dilan ini mengangkat drama romansa remaja era 1990-an.

Film Milea dan Dilan berasal dari novel karya Pidi Baiq. Film yang pertama berjudul Dilan 1990, kemudian Dilan 1991, dan Milea: Suara dari Dilan. Adalah Iqbaal Ramadhan yang memerankan tokoh Dilan dan Vanesha Prescilla sebagai Milea.

Bagaimana kelanjutan hubungan asmara Dilan dengan Milea ini terungkap dalam film ketiga yang menceritakan versi Milea. Penulis Pidi Baiq mengatakan sosok Dilan dan Milea itu nyata, namun wujud dan nama aslinya dirahasiakan.

Pidi menyerap cerita dari keduanya lalu menceritakannya kembali lewat tulisan. "Malah saya kurangi karena tanggung jawab moral, banyak hal-hal yang takut ditiru orang," kata Pidi di Bandung, Jumat 7 Februari 2020.

Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla. (Dok. Max Pictures)

Sementara sutradara Fajar Bustomi yang menerjemahkan novel Pidi Baiq menjadi film, mengatakan ada perulangan cerita dari dua film sebelumnya pada Milea: Suara dari Dilan. Ada pula adegan yang direkam pada syuting Dilan 1990 dan Dilan 1991. "Supaya penonton baru tidak terputus ceritanya," katanya di Bandung akhir pekan lalu.

Beberapa kebaruan muncul dalam film Milea: Suara dari Dilan. Misalnya sosok Dilan dari kecil dan keluarganya, pertemuan kembali Dilan dan Milea setelah putus hubungan dalam acara reuni sekolah, dan dan kenangan yang berkelindan di antara mereka.

"Dan sekarang, yang tetap di dalam diriku adalah kenangan, di sanalah kamu selalu," tulis Dilan di bagian akhir novel.

Jadi, apa agendamu di Hari Valentine ini?

ANWAR SISWADI