Irish Bella Umrah Saat Sedang Hamil, Bagaimana Waktu di Pesawat?

Ammarzoni dan Irish Bella. Instagram/@ammarzoni

kesehatan

Irish Bella Umrah Saat Sedang Hamil, Bagaimana Waktu di Pesawat?

Kamis, 13 Februari 2020 20:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, JakartaIrish Bella dan Ammar Zoni sedang berbahagia karena bakal memiliki momongan. Pada Rabu, 12 Februari 2020, Irish Bella menyampaikan kepada Ammar Zoni kalau dia sedang hamil.

"Kamu akan jadi ayah. Aku hamil," kata Irish Bella kepada Ammar Zoni. Saat ini mereka sedang melaksanakan ibadah umrah. Irish Bella begitu bahagia dan mendapatkan perhatian penuh dari suami. "Suami siaga Masya Allah."

Setelah melaksanakan ibadah umrah, Irish Bella dan Ammar Zoni akan kembali ke Tanah Air dengan naik pesawat. Ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait ibu hamil yang naik pesawat.

Mengutip laman Sehatq, pada prinsipnya aman bagi ibu hamil naik pesawat asalkan kehamilannya dalam kondisi sehat. Sebelum naik pesawat, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter. Terlebih pada kehamilan berisiko tinggi, misalnya mengalami pendarahan, ibu menderita diabetes atau hipertensi. Ibu hamil juga sebaiknya memberitahu kepada awak kabin kalau sedang berbadan dua.

Jika dokter mengizinkan ibu hamil bepergian naik pesawat, berikut tips yang sebaiknya dilakukan:

  1. Hindari mengenakan pakaian ketat

    Pilih pakaian yang longgar agar lebih leluasa dan peredaran darah lancar. Untuk alas kaki, pakai sepatu atau sandal yang nyaman. Jangan lupa pakai kaos kaki jika dianggap lebih nyaman.

  2. Tempat duduk

    Pilihlah tempat duduk di sebelah lorong karena memungkinkan ibu hamil lebih leluasa bergerak. Ibu juga lebih mudah jika hendak ke toilet atau melakukan sedikit peregangan.

  3. Sabuk pengaman

    Ibu hamil disarankan mengenakan sabuk pengaman di bawah perut dan jangan terlalu kencang, apalagi sampai memicu rasa sakit.

  4. Minum banyak air putih

    Jaga tubuh tetap terhidrasi selama berada di dalam pesawat. Sebab kelembapan udara yang rendah di dalam kabin pesawat bisa menyebabkan dehidrasi.

  5. Hindari makanan yang mengandung gas

    Sebaiknya batasi atau jangan menyantap makanan yang mengandung gas karena akan membuat perut tidak nyaman.

  6. Lakukan peregangan

    Hindari duduk terus-menerus karena bisa menyebabkan aliran darah tidak lancar. Sesekali berjalanlah di lorong untuk melancarkan peredaran darah. Bila tidak memungkinkan, regangkanlah pergelangan kaki secara berkala.

  7. Catatan kehamilan

    Bawa hasil pemeriksaan, catatan kehamilan, serta obat dan vitamin yang dari dokter agar perjalanan lebih aman.