Sayur Kangkung Tak Selalu Bikin Mengantuk, Cek Faktanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kangkung (wikipedia)

Kangkung (wikipedia)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kangkung salah satu sayur favorit masyarakat Indonesia. Pilihan olahannya pun beragam dengan cara ditumis ataupun direbus. Cita rasa yang manis, gurih, dan sedikit renyah saat digigit sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat. 

Namun, sebagian orang menghindari sayuran hijau ini dengan alasan menyebabkan kantuk. Menurut pakar kesehatan, hal ini tentu tak lepas dari kandungan kangkung yang kaya mineral dan juga substansi lainnya.

Dalam 100 gram kangkung terkandung energi, karbohidrat, protein, lemak, serat, dan natrium. Selain itu terdapat kalium, kalsium, zat besi, magnesium hingga  fosfor.

Beberapa kandungannya, seperti kalium yang mencapai 312 miligram dalam setiap 100 gram, berkhasiat mengurangi tekanan darah sehingga membuat tubuh lebih rileks. Pada beberapa orang, kondisi ini bisa terasa seperti rasa ngantuk. Namun sebenarnya, tidak selamanya kandungan kangkung serta-merta menyebabkan kantuk.

Bisa saja, pemicu seseorang merasa mengantuk justru perpaduan menu yang dikonsumsinya bersama kangkung. Misalnya, sepiring penuh nasi putih dan lauk protein hewani dengan porsi yang juga banyak.

Tentu konsumsi sebanyak itu akan membuat sistem pencernaan bekerja keras sehingga tubuh seakan meminta istirahat sejenak.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."