Dukung Sustainable, Elizabeth Banks Pakai Gaun Lama di Oscar 2020

Elizabeth Banks pakai gaun lama rancangan Badgley Mischka di Oscar 2020, sebelumnya ia mengenakan gaun itu saat Oscar 2004. justjared.com

mode

Dukung Sustainable, Elizabeth Banks Pakai Gaun Lama di Oscar 2020

Selasa, 11 Februari 2020 08:00 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Sustainable fashion konsep yang mengutamakan efek pakaian yang ramah lingkungan ini semakin digaungkan oleh para pelaku industri mode, termasuk selebriti. Salah satu yang melakukannya baru-baru ini adalah Elizabeth Banks. Ia mengenakan kembali gaun lama tahun 2004 saat menghadiri Oscar 2020 di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Ahad 10 Februari 2020.

Aktris dan sutradara ini tampaknya ingin "membawa kesadaran global akan pentingnya sustainable fashion atau mode berkelanjutan dan tinggnya konsumerisme dalam industri mode. Melansir laman People, Senin 10 Februari 2020, dipaparkan bahwa Elizabeth Banks mengenakan gaun merah Badgley Mischka ke pesta Vanity Fair Oscar 2014.

Alih-alih memilih gaun baru, aktris berusia 46 tahun ini meminta stylist-nya, Wendy dan Nicole Ferreira, untuk menyiapkan kembali gaun lamanya guna mempromosikan tren pakaian ramah lingkungan.

"Sangat cantik dan pas ... jadi mengapa tidak memakainya lagi?" ucap Elizabeth Banks melalui akunInstagram ia.

“Bangga mengenakan gaun @badgleymischka yang pertama kali saya kenakan ke pesta @vanityfair #oscars pada tahun 2004, dihadirkan kembali oleh @wendiandnicole, untuk membawa kesadaran global akan pentingnya mode keberlanjutan dan konsumerisme karena berkaitan dengan perubahan iklim, produksi & konsumsi, polusi laut, tenaga kerja dan wanita," tulis Elizabeth Banks.

Sutradara film Charlie's Angels (2019) ini juga menyatakan kebahagiaannya bermitra kembali dengan dengan RAD atau Red Carpet Advocacy, sebuah kelompok yang didedikasikan untuk membantu para aktor menggunakan platform mereka di karpet merah untuk mengadvokasi hal-hal; dan New Standard Institute yang bertujuan membuat merek-merek mode berkelanjutan.

Enam belas tahun lalu, ia mengenakan gaun dengan gaya rambut disanggul rapi dan memakai anting berlian. Tahun ini, ia tampil dengan rambut bob panjang layering yang digerai dengan curly di bagain bawah dan menggunakan kalung berlian dihiasi bandul mutiara koleksi Irene Neuwirth.

Selain Elizabeth Banks, Jane Fonda juga menyuarakan sustainable fashion di Oscar 2020. Ia memakai kembali gaun Elie Saab saat menghadiri Festival Film Cannes 2014.