Pesan Kesetaraan pada Jubah Natalie Portman di Oscar 2020

Natalie Portman berpose di karpet merah Oscar 2020 saat menghadiri Academy Awards ke-92 di Hollywood, Los Angeles, California, AS, Ahad, 9 Februari 2020. Penampilan elegan Natalie dalam balutan gaun dan jubah Dior, semakin dipercantik dengan sulaman benang emas nama-nama sutradara wanita yang tidak dinominasikan tahun ini. REUTERS/Eric Gaillard

mode

Pesan Kesetaraan pada Jubah Natalie Portman di Oscar 2020

Senin, 10 Februari 2020 16:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, JakartaNatalie Portman menyuarakan kesetaraan untuk para sutradara perempuan dengan cara yang halus. Melalui jubah hitam yang dia kenakan di Oscar 2020, pemain film Thor ini ingin menyampaikan bahwa perempuan juga punya peran yang penting di dunia film.

Jika diperhatikan, pada bagian lipatan depan di jubah hitam yang dikenakan Natalie Portman tertera sederet nama sutradara perempuan yang tertulis dengan benang emas. Di sana tertera nama sutradara film Little Women, Greta Gerwig; Lulu Wang (The Farewell), Céline Sciamma (Portrait of a Lady on Fire), Lorene Scafaria (Hustlers), Melina Matsoukas (Queen & Slim), dan Alma Har’el (Honey Boy).

"Dengan cara yang halus, saya ingin mengenalkan para perempuan yang kerap tidak dikenali padahal mereka memiliki karya yang luar biasa," kata Natalie Portman di karpet merah Oscar 2020, Minggu malam, 9 Februari 2020, seperti dikutip dari Harper's Bazaar. Perempuan 38 tahun ini mengenakan gaun dari rumah mode Dior Haute Couture.

Natalie Portman mengenakan gaun hitam dengan bentuk v yang lancip di bagian dada. Gaun itu berlapis bahan transparan yang bersulam benang emas. Ada pelengkap berupa ikat pinggang anyaman yang juga berwarna emas.

Pada bagian luar, Natalie Portman menyampirkan jubah hitam di bahunya. Tertera nama-nama sutradara perempuan di bagian pinggir lipatan depan sebelah kiri.