8 Inspirasi Keren Courtyard, Ruang Terbuka di Dalam Rumah

Ilustrasi rumah dengan pagar tanaman. Freepik.com/Lifeforstock

ragam

8 Inspirasi Keren Courtyard, Ruang Terbuka di Dalam Rumah

Sabtu, 8 Februari 2020 08:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Ruang terbuka di dalam rumah atau courtyard kian disadari masyarakat guna menciptakan sirkulasi udara alami. Dalam dunia arsitektur, courtyard merujuk kepada ruang terbuka yang dikelilingi oleh bangunan. Courtyard juga sering disebut sebagai taman di tengah bangunan atau taman di dalam rumah.

Jika Anda juga ingin membuat courtyard di rumah, berikut beberapa desain courtyard yang bisa menjadi inspirasi

1. Desain Sederhana untuk Courtyard Sempit

Tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk courtyard bukanlah suatu masalah besar. Anda tetap bisa mengaplikasikannya dengan penempatan tanaman semak atau pangkas di kedua sisinya. Jika courtyard juga berperan sebagai koneksi ruang, penambahan batu pijak biasa ditempatkan sebagai aksen yang fungsional.

2. Desain Courtyard yang Tampak Menyatu dengan Ruangan

Ingin courtyard yang tetap terlihat menyatu dengan ruangan? Tak ada salahnya menggunakan marmer atau keramik sebagaimana yang dipakai di seluruh bagian rumah. Seperti pada rumah bergaya klasik karya Studio Air Putih ini.

Keberadaan twin courtyard tampak menyatu dengan dua sisi bangunan. Courtyard yang berfungsi sebagai penghubung antar ruang ini tetap terlihat segar berkat adanya kolam ikan dan penanaman pohon di kedua sisinya.

3. Desain Courtyard Tropis Serba Guna

Jika Anda memproyeksikan courtyard untuk berbagai kegiatan seperti barbeque party atau berkumpul bersama, lebih baik melapisi courtyard dengan rumput. Agar lebih segar lagi, dukung konsep tropis melalui penanaman satu atau dua pohon.

Supaya tidak terkesan penuh, sesuaikan jenis dan ukuran pohon dengan luas courtyard itu sendiri. Tambahkan tanaman jenis semak seperti jenis Calathea di bagian sisi. Sudah sempurna untuk pesta barbeque outdoor!

4. Santai di Hammock dengan Nuansa Hutan Tropis

Sebagai area santai, courtyard bisa dilengkapi dengan hammock. Selain itu, agar pengalaman bersantai menjadi lebih nyaman, tanami courtyard dengan ragam tumbuhan seperti semak, pohon, dan tanaman rambat. Ciptakan suasana yang sangat alami bak di hutan tropis. Konsep ini akan membuat courtyard tampil lebih menarik dan cocok untuk area berkumpul keluarga maupun bersama teman-teman.

5. Desain Courtyard dengan Fitur Air

Courtyard kerap dibuat sebagai borrowing view dari ruang sekitarnya. Area courtyard berperan sebagai pemandangan alami untuk interior rumah. Oleh karena itu, courtyard bisa diisi dengan elemen dekoratif seperti fitur air.

Melalui fitur air ini, courtyard akan terlihat lebih menarik dan mewah. Suara gemericik air juga penting untuk memberi suasana tenang bagi ekosistem di dalam rumah.

6. Kolam Renang di Area Courtyard

Mengusung konsep Morrocan stylecourtyard dengan kolam renang sangat stylish untuk diterapkan di rumah. Konsep Maroko sendiri tampak jelas melalui pemilihan warna dominasi putih, abu-abu, dan hijau. Pola keramik, jenis kursi, dan taman keringnya juga menjadi penguat konsep yang tepat. Desain courtyard seperti ini membuat pengalaman bersantai di rumah bak liburan di vila mewah.

7. Courtyard dengan Pulau di Tengah Kolam

Menjadikan courtyard sebagai kolam renang bisa jadi pilihan. Ada pula alternatif lain, buatlah pulau di tengah kolam tersebut. Konsep pulau diwujudkan dengan area hijau berupa rumput dan ditanami pohon Plumeria. Pohon itu memiliki percabangan yang indah sehingga membuat tampilan courtyard lebih estetik.

8. Desain Courtyard dengan Dua Taman

Courtyard yang juga difungsikan sebagai koneksi antar ruang kerap didesain dengan jalan setapak di tengahnya. Kemudian, di kedua sisinya dibuat taman dengan peran yang berbeda. Satu sisi hanya untuk area hijau, sedangkan sisi lainnya untuk area bersantai.

Menarik bukan, inspirasi berbagai desain courtyard di atas? Jangan ragu melibatkan sentuhan ide pribadi agar menghasilkan desain yang lebih autentik.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan desain courtyard yang tepat. Misalnya saja, soal pencahayaan matahari. Hal ini penting dipertimbangkan khususnya jika menggunakan elemen tanaman sebagai komponen utama.

ARSITAG