Kenang Kirk Douglas, Anne Douglas: Suamiku Suka Membuat Kejutan

Kirk Douglas dan istri

cinta

Kenang Kirk Douglas, Anne Douglas: Suamiku Suka Membuat Kejutan

Jumat, 7 Februari 2020 07:15 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar duka datang dari Hollywood. Aktor dan produser Kirk Douglas wafat pada Rabu, 5 Februari 2020. Ia meninggal di usia 103 tahun. Kepergiannya tentu menyedihkan bagi keluarga tercinta, termasuk sang istri Anne Buydens. Usia pernikahan mereka hampir 70 tahun. 

Kehidupan pernikahan mereka memiliki banyak kisah. Ayah aktor Michael Douglas itu pernah bercerita kepada People pada 2015 bahwa ia dan Anne punya rahasia untuk menjaga pernikahan ini. “Kami menyelesaikan perselisihan dengan sebuah ciuman,” kata ia seperti dilansir People, Rabu, 5 Februari 2020.

Kirk Douglas pertama kali bertemu Anne Buydens saat ia jadi produser Act of Love pada 1953 di Paris. Kala itu keduanya sama-sama memiliki hubungan dengan orang lain. Anne saat itu menikah dengan seorang pria Belgia untuk alasan keamanan selama Perang dunia II, dan Kirk diam-diam bertunangan dengan aktris Pier Angeli. 

Dalam buku Kirk dan Anne: Letters of Love, Laughter and a Lifetime in Hollywood yang terbit pada 2017, Kirk Douglas menulis bahwa ia langsung tertarik kepada Anne.

"Kecantikan yang ia miliki sangat berbeda dari wanita yang pernah saya ajak terlibat di Hollywood sejak Diana [mantan istrinya] meninggalkan saya," tulisnya.

Kirk lalu mengajak kencan, tapi Anne langsung menolaknya. Tak putus asa, Kirk Douglas terus mendekati Anne. 

Kirk lalu memutuskan pertunangannya dengan Angeli, lalu menikahi Anne di Las Vegas pada 1954. Pasangan itu kemudian memiliki dua putra bersama, Eric dan Peter. Dari pernikahan sebelumnya, Kirk Douglas memiliki dua anak, Joel dan Michael. Anne juga berteman dengan mantan istri Kirk Douglas, Diana, dan keduanya sering makan siang bersama.

Sementara itu, menurut Anne Douglas, Kirk sering merencanakan kejutan untuknya. Dia mengingat ketika suaminya melompat keluar dari kue ulang tahun palsu yang dipinjam dari set Some Like It Hot. “Suamiku suka membuat kejutan untukku,” kata Anne.

Tapi kehidupan cinta mereka juga mengalami pasang surut. Mereka juga melalui badai pernikahan. Dalam buku mereka, Anne mengungkapkan bahwa ia sengaja menutup mata terhadap perselingkuhan suaminya. Tapi Kirk juga selalu jujur tentang hal itu.

"Sebagai orang Eropa, saya mengerti bahwa tidak realistis mengharapkan kesetiaan total dalam pernikahan."

Pasangan itu tidak pernah malu mengungkapkan cinta mereka satu sama lain. Ketika Kirk Douglas menerima Oscar kehormatannya pada 1996, ia mempersembahkannya untuk Anne.

“Saya melihat keempat putra saya. Mereka bangga dengan orang tua mereka. Dan saya juga bangga,” katanya. “Bangga menjadi bagian dari Hollywood selama 50 tahun. Tapi ini untuk istriku, Anne. Aku cinta kamu,” ucap Kirk Douglas.

MILA NOVITA