Menteri PPPA Bintang Puspayoga Buat TikTok Cuci Tangan Challenge

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kemenppa membuka cuci tangan challenge di Tik Tok sebagai edukasi cara mencuci tangan yang tepat terkait virus corona. Instagram/@kemenppa

Kemenppa membuka cuci tangan challenge di Tik Tok sebagai edukasi cara mencuci tangan yang tepat terkait virus corona. Instagram/@kemenppa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau Kemenppa ikut ambil bagian menyuarakan pentingnya cuci tangan sebagai tindakan pencegahan virus corona. Melalui unggahan Instagram resminya, Rabu 5 Februari 2020, Kemenppa mengajak para perempuan untuk memberi edukasi pentingnya cuci tangan, melalui unggahan dari TikTok. 

"Waktunya Challenge guys!! Wabah virus corona yang meresahkan, harusnya bikin sahabat perempuan dan anak jadi makin peduli dengan kebersihan diri, dong. Salah satunya dengan selalu mencuci tangan," bunyi keterangan unggahan tersebut.

Menteri PPPA Bintang Puspayoga bersama istri-istri menteri yang tergabung dalam bidang 2 OASE KIM (Kabinet Indonesia Maju) menantang sahabat perempuan dan anak buat main Tik Tok 6 Langkah cuci tangan yang baik dan benar.

"#CuciTanganChallenge seperti mereka!! Mana nih suaranya para tiktokers?? Waktunya kamu nggak cuma main Tik Tok, tapi juga bisa ikut mengedukasi dan berkesempatan dapat hadiah lagi," masih dari unggahan itu.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah infeksi virus corona adalah dengan rutin dan sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Terutama setelah pergi ke kamar mandi; sebelum makan; dan setelah meniup hidung, batuk, atau bersin.

Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol dengan setidaknya 60 persen alkohol. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air ,jika tangan tampak kotor. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci. Melansir laman Centers of Disease Control and Prevention mencuci tangan adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dan keluarga Anda dari paparan berbagai virus termasuk virus corona. 

Lalu kapan sebaiknya Anda mencuci tangan

1. Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan

2. Sebelum makan

3. Sebelum dan sesudah merawat seseorang di rumah yang sakit muntah atau diare

4. Sebelum dan sesudah merawat luka atau luka

5. Setelah menggunakan toilet

6. Setelah mengganti popok atau membersihkan anak yang telah menggunakan toilet

7. Setelah meniup hidung, batuk, atau bersin

8. Setelah menyentuh binatang, pakan ternak, atau kotoran hewan

9. Setelah menangani makanan hewan atau memperlakukan hewan peliharaan

10. Setelah membuang sampah

Berikut enam cara mencuci tangan yang benar menurut World Health Organization (WHO) atau badan kesehatan dunia:

1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.

2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.

3. Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih.

4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan.

5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.

6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."