Blender dan Botol Minum Ini Bantu Jaga Gizi dan Ada Alarm Minum

Ilustrasi wanita makan buah dan sayur. shutterstock.com

ragam

Blender dan Botol Minum Ini Bantu Jaga Gizi dan Ada Alarm Minum

Sabtu, 1 Februari 2020 10:19 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Bicara mengenai gizi bukan hanya berkaitan dengan bahan makanan. Cara mengolah, menyimpan, sampai menyantapnya juga harus diperhatikan agar nutrisi di dalam makanan tetap terjaga.

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa atau FAO, pola pangan tidak sehat dan gaya hidup kurang aktif menjadi faktor pembunuh nomor wahid di dunia. Persoalannya, tingkat kesadaran mengkonsumsi pangan yang aman, bermutu, dan bergizi masih rendah.

Melalui edukasi, diharapkan masyarakat pintar memilih, mengolah, dan mengkonsumsi makanan sehat. Dan di zaman sekarang, ada perangkat teknologi yang bisa membantu menyiapkan dan mempertahankan gizi pada makanan.

Berikut ini peralatan dapur yang dapat membantu mempertahankan gizi pada makanan, seperti dikutip dari Majalah Tempo.

  • Blender Pengawet NutrisiBlender Vacuum TBV8104X dari Beko ini menggunakan teknologi pencampuran vakum yang akan menghilangkan udara di dalam stoples sebelum mencampurkan buah atau sayuran untuk mencegah hilangnya nutrisi karena oksidasi. 

    Blender pengawet nutrisi, Blender Vacuum TBV8104X dari Beko.Foto: Beko

    Beko mengklaim, dengan teknologi ini, vitamin C dapat dipertahankan 40 persen lebih banyak dan serat lebih kaya. Jus atau smoothie yang dihasilkan pun tetap segar meski disimpan dalam kulkas semalaman.

    Harga: Rp 3,54 juta

  • Blender Penakar GiziBlender Nutribullet Balance dari Nutribullet ini memiliki timbangan nutrisi. Dengan SMART Nutrition System, blender ini terhubung dengan aplikasi di telepon seluler pintar atau komputer tablet via Bluetooth yang akan memberikan data nutrisi setiap bahan yang dimasukkan ke stoplesnya. 

    Blender penakar gizi Nutribullet Balance dari Nutribullet.Foto: Nutribullet

    Nutribullet Balance dapat menakar kandungan kalori, protein, karbohidrat, lemak, dan gula dari bahan makanan yang akan diblender. Pengguna juga dapat mengikuti resep membuat jus atau smoothie yang direkomendasikan aplikasi.

    Harga: Rp 2,04 juta

  • Botol Minum PintarBotol minum HidrateSpark 3.0 dari Hidrate Inc ini akan berpijar untuk mengingatkan Anda untuk minum. HidrateSpark 3.0 terhubung dengan aplikasi Hidrate App yang ada di ponsel pintar via Bluetooth untuk melacak hidrasi pengguna. Selain dengan isyarat cahaya, peringatan dikirimkan dengan pesan teks.

    Botol minum pintar HidrateSpark 3.0 dari Hidrate Inc. Foto: Hidrate Inc

    Botol ini pun akan membuat formula hidrasi, yakni kebutuhan air harian yang disesuaikan dengan kondisi tubuh, usia, berat dan tinggi badan, jenis kelamin, serta tingkat aktivitas, juga keadaan lingkungan dan ketinggian.

    Harga: Rp 817 ribu

  • Panci Pemasak LambanPanci pemasak lamban atau slow cooker Stay or Go 6-Quart dari Hamilton Beach ini terpilih sebagai yang terbaik versi situs Top Ten Reviews. Terdapat lima pilihan waktu memasak: 2, 4, 6, 8, dan 10 jam.

    Panci pemasak lamban atau slow cooker Stay or Go 6-Quart dari Hamilton Beach. Foto: Hamilton Beach

    Kapasitas panci ini 6 quart atau 5,68 liter dengan bentuk oval berdimensi 24,89 x 43,94 x 28,19 sentimeter sehingga dapat memuat seekor ayam seberat 2,72 kilogram atau potongan daging sapi seberat 1,81 kilogram. Untuk panduan memasak dengan slow cooker, tersedia buku resep di www.hamiltonbeach.com seharga USD 4,99 (sekitar Rp 68 ribu).

    Harga: Rp 545 ribu