Olivia Jensen Pilih Olahraga Yoga Hatha, Cek Manfaatnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Olivia Jensen. TEMPO/Gunawan Wicaksono

Olivia Jensen. TEMPO/Gunawan Wicaksono

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagai aktris, Olivia Jensen Lubis memiliki kesibukan yang padat, seperti berakting, berkolaborasi dengan sejumlah produk, dan tentu saja sebagai ibu. Meski sibuk, perempuan blasteran Jerman ini juga aktif berolahraga, salah satu yang sedang rutin ia lakukan ialah Yoga.

Istri Arief Purnama ini mengatakan belakangan sedang gandrung dengan olahraga yoga khususnya, yoga hatha yang paling umum. "Kadang aku latihan sendiri atau sama teman-teman rutin latihan Yoga," ucap Olivia saat berkunjung ke Gedung Tempo, di Jakarta, Rabu 22 Januari 2020.

Menurut Olivia Jensen kita harus melakukan sesuatu untuk tubuh kita sendiri. Salah satunya dengan yoga untuk membentuk dan membuat tubuhnya menjadi lebih baik.

Melansir laman Thrive Global, Kamis 23 Januari 2020 yoga hatha yang dilakukan Olivia ialah salah satu cabang gerakan Yoga berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya kuat dan fokus.

Hatha fokus pada praktik mencapai transformasi diri yang melibatkan gerakan memutar, menekuk, menyeimbangkan tubuh Anda. Selain itu, yoga hatha juga dirancang untuk meningkatkan ketenangan tubuh, pikiran, dan jiwa yang fokus pada pernafasan dan penyaluran energi yang Anda miliki.

Berikut 6 manfaat yoga Hatha yang bisa Anda praktikkan di rumah

1. Melatih otot inti

Pusat tubuh Anda termasuk pinggul, perut dan tulang belakang yang sering digunakan sebagai aktivitas rutin seperi mengikat tali sepatu, bangun tidur dan mengangkat barang. Otot inti yang lemah bisa memengaruhi daya tahan dan membatasi kemampuan untuk menekuk dan meregangkan tubuh Anda. Lebih waspada lagi bisa menyebabkan sakit punggung bagian bawah dan cedera otot.

Yoga hatha bisa meningkatkan kekuatan otot inti, termasuk tulang belakang dan kemampuan memutar dan menekuk tubuh. Gerakannya antara lain boat, plank, dan donward facing dog.

2. Kepadatan tulang

Kepadatan tulang atau osteopenia yang rendah bisa menyebabkan patah tulang yang bisa mengarah pada penyakit osteoporosis ditandai dengan tulang lemah dan rapuh. Menurut studi, yoga dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tulang sehingga bisa melindungi dari penyebab utama osteoporosis. Gerakan yang bisa dilakukan seperti warrior pose, triangle pose, dan tree pose.

3. Jantung sehat

Pose yoga hatha juga dapat meningkatan kesehatan jantung, kapasitas paru-paru, dam fungsi pernafasan. Efeknya juga dapat mencegah hipertensi yang jadi penyebab utama jantung. Pose hatha terbaik untuk menyehatkan jantung ialah mountain posebig toedownward dog, dan lions breath.

4. Kulit segar bercahaya

Gerakan yoga hatha bisa menjaga kulit Anda lebih sehat dan bercahaya, yang bisa melepaskan stres yang merupakan penyebab utama kerutan dini, kehilangan elastisitas, jerawat, dan wajah lelah. Sebab efeknya bisa meningkatkan aliran darah ke saraf di wajah bagian bawah. Sirkulasi darah yang meningkat juga bisa menghilangkan kulit kusam dan lelah.

5. Jaga kekebalan tubuh

Pola makan yang buruk, kurang tidur, stres, racun, dan beberapa efek obat bisa merugikan sistem kekebalan tubuh Anda yang bisa membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi penyakit tertentu. Beberapa pose yoga hatha yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh ialah plow poseupward facing bowheadstands dan handstand.

6. Menurunkan berat badan

Yoga hatha membantu Anda membakar kalori dan mengencangkan otot. Menurut studi yang dilakukan American Council on Exercise rata-rata orang membakar kalori hampir 3-6 kalori per menit. Nah, dengan Anda melakukan yoga hatha terhitung 180 kalori terbakar selama 1 jam setiap sesi.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."