Sheet Mask jadi Produk Skincare Favorit Generasi Z

Ilustrasi sheet mask. Belmondobeauty.com

kecantikan

Sheet Mask jadi Produk Skincare Favorit Generasi Z

Jumat, 24 Januari 2020 07:30 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Kesadaran merawat kulit wajah sebaiknya dilakukan sejak dini. Beragam keuntungannya agar maksimal perlindungan kesehatan wajah hingga tidak ada rasa penyesalan di kala tua. Hal itu tercermin pada generasi Z yang berusia 13 hingga 22 tahun memilih produk perawatan kulit atau skincare yang bersifat anti-aging, menurut ZAP Beauty Index 2020.

Chief Operation MarkPlus Institute Yasanova Savitry mengungkapkan generasi Z sudah sangat preventif dengan mencari produk skincare yang bersifat anti-aging atau mencegah penuaan. Sementara untuk jenis makeup yang paling banyak dicari adalah concealer sebagai riasan di area mata.

"Memang faktanya unik ya, mereka di usia masih sangat muda sudah sebegitu ingin mencegah penuaaan ,bahkan pemakaian concealer sebenarnya juga tidak terlalu worth it karena usia remaja apa sih yang mau ditutupi. Semacam ada rasa insecure (tidak nyaman), jika bagian wajah ada bagian yang dipandang tidak menarik," ucap Nova yang ditemui usai acara Rediscovering the Indonesia Female from Generation ZAP Beauty Index 2020 di Jakarta, Selasa 21 Januari 2020.

Untuk pilihan skincare, generasi Z menyukai sheet mask atau masker dalam bentuk lembaran. Dalam satu produk tersebut dianggap sudah mengandung banyak manfaat, termasuk mencegah penuaan. 

"Jadi mereka sudah berpikir investasi kulit masa depan, tapi juga inginnya praktis, yang instan seperti sheet mask," pungkasnya.

Chief Operation MarkPlus Institute Yasanova Savitry saat ditemui di acara Rediscovering the Indonesia Female from Generation ZAP Beauty Index 2020 di Jakarta, Selasa 21 Januari 2020. TEMPO/Eka Wahyu Pramita

Kesadaran generasi Z dalam memakai skincare sejak dini menjadi bagian kondisi perempuan saat ini. Merujuk data ZAP Beauty Index 2020 yang dirilis merek perawatan dan kecantikan ZAP Clinic dipaparkan sebanyak 81,7 persen wanita Indonesia lebih memilih menggunakan produk skincare yang tepat dan hanya 1,7 % wanita yang menyatakan menggunakan makeup sudah cukup.

Yasanova juga menyampaikan sebanyak 45,4 persen perempuan di Indonesia menggunakan skincare sebelum usia 19 tahun. Data juga menunjukkan satu dari empat perempuan merawat diri di klinik kecantikan sebelum berusia 19 tahun.

ZAP Beauty Index 2020 membagi potret industri kecantikan dalam tiga kategori, yaitu lets talk about beautybeauty beyond words, dan beauty in action. Survei tersebut melalui metode online survey pada 6.460 responden perempuan di Indonesia sepanjang Juli-September 2019 yang mencakup perilaku 3 generasi berbeda, yakni Gen X (45-65 tahun), Gen Y (23-44 tahun), dan Gen Z (13-22 tahun).