6 Imbauan PDPI saat Bepergian ke Tempat Wabah Virus Corona

Penumpang yang memakai masker menunggu untuk naik kereta di Stasiun Kereta Api Barat Beijing, di Beijing, Cina 20 Januari 2020. [REUTERS / Stringer]

kesehatan

6 Imbauan PDPI saat Bepergian ke Tempat Wabah Virus Corona

Rabu, 22 Januari 2020 12:40 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Virus corona yang pertama kali muncul di Wuhan, Cina, menyedot perhatian dunia. Semula, virus corona tercatat menginfeksi puluhan orang. Saat ini, virus corona telah menginfeksi lebih dari 201 orang di Wuhan, Beijing, dan Shenzhen. Hingga saat ini, terus menyebar ke negara lain seperti Jepang, Korea Selatan, dan Thailand. Tidak menutup kemungkinan, Indonesia juga akan terkena.

Orang yang tertular virus corona disebut mengalami serangkaian gejala mirip pneumonia, yaitu sesak napas, batuk, demam, dan gangguan pernapasan lainnya.

Sebenarnya, sudah ada vaksin yang dianggap efektif mencegah infeksi saluran pernapasan seperti penumonia, yaitu vaksin PCV, vaksin pneumokokus PPSV23 dan vaksin Haemophilus influenzae type B (Hib).

Akan tetapi, karena virus yang berkembang di Wuhan merupakan corona jenis baru, belum ada vaksin yang tersedia untuk mencegahnya.

Bagi Anda yang berencana mengunjungi negara lain maupun wilayah yang terbukti sedang mengalami wabah virus corona, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) mengimbau untuk:

1. Tidak menyentuh burung dan hewan lainnya.

2. Tidak mengunjungi pasar atau toko buah, peternakan, maupun pasar yang menjual hewan hidup.

3. Tidak melakukan kontak langsung dengan individu yang sedang merasakan gejala infeksi saluran pernapasan.

4. Mematuhi petunjuk keamanan makanan dan aturan kebersihan.

5. Segera mengunjungi fasilitas kesehatan setempat dengan menggunakan masker, apabila sedang berada di dearah terjadinya wabah dan Anda mulai merasa tidak enak badan disertai dengan demam atau batuk.

6. Segera mengunjungi dokter dan menggunakan masker saat bepergian, jika setelah kembali dari daerah wabah, Anda merasa tidak enak badan disertai demam atau gejala lain. Pemakaian masker saat bepergian penting untuk mencegah penyebaran virus melalui udara.

Meski saat ini belum ada laporan mengenai infeksi virus korona di Indonesia, tidak ada salahnya jika Anda tetap waspada terhadap penyakit ini. Sebab, para ahli memperkirakan jumlah penderita yang terinfeksi virus ini akan meningkat menjelang datangnya Tahun Baru Imlek. Sebab, akan ada banyak sekali pengunjung yang datang ke negara tersebut.

SEHATQ