Intip Cara Metode Naturopati Mengobati Penyakit Autoimun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi lupus. Shutterstock

Ilustrasi lupus. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JAKARTA - Penyakit autoimun yang dialami oleh artis Ashanty membuat banyak publik bertanya-tanya, apa dan bagaimana yang dimaksud dengan penyakit autoimun?

Penyakit autoimun ialah gangguan sistem kekebalan tubuh menyebabkan aktivitas abnormal rendah atau aktivitas berlebihan sistem kekebalan tubuh. Dalam kasus sistem kekebalan tubuh lebih dari aktivitas, tubuh menyerang dan merusak jaringannya sendiri. 

Penyakit defisiensi imun menurunkan kemampuan tubuh, sehingga menyebabkan kerentanan terhadap infeksi. Menanggapi pemicu yang tidak diketahui, sistem kekebalan mungkin mulai memproduksi antibodi yang bukannya melawan infeksi, melainkan menyerang jaringan tubuh sendiri. 

Di Indonesia, jenis penyakit autoimun yang paling jamak ditemukan ialah rheumatoid arthritis atau populer dengan rematik dan Systemic Lupus Erythematosus (SLE) atau disebut lupus. Penyakit lupus sendiri lebih sering menyerang wanita dibanding laki-laki.

Perawatan untuk penyakit autoimun umumnya berfokus pada pengurangan aktivitas sistem kekebalan tubuh. Menurut ahli naturopati Joshua S. Lie, ND, BHSc penyakit autoimun tidak berdiri sendiri, tapi turunan dari banyak kondisi yang dirasakan oleh pasien.

Terdapat faktor seperti faktor genetika, tapi hal itu juga dipengaruhi oleh faktor eksternal salah satunya dari makanan. Tapi sampai sekarang penyebab utamanya masih terus diteliti asal muasalnya 

Menurut Joshua, penyakit autoimun bisa diobati dengan metode naturopati, yakni metode pengobatan yang menggunakan sarana alami seperti makanan, latihan fisik, panas, udara, air, cahaya, dan sarana fisiologis lainnya.

"Selain makanan dan genetik, pengaruh stres dan tertekan juga bisa menjadi pemicu munculnya penyakit autoimun. Saya pernah menagani pasien perempuan yang gejalanya muncul karena gangguan mental emosional. Nah, bagian itulah yang kita telusuri dan dicari akar masalahnya, bukan semata mengobati secara fisik," terang Joshua saat ditemui di acara Get to Know Your Body di Jakarta, pada 17 Januari 2020.

Joshua menjelaskan tahapan metode naturopati dimulai dengan pendekatan personal pada pasien. Dari sisi pencegahannya dengan mengelola stres yang datang dalam hidup, sebab kita tidak bisa menghindari stres.

Di antaranya dengan menyalurkannya melalui hobi, meditasi, olahraga, tidur cukup, hindari makanan yang diolah berulang, dan makan buah sehari dua jenis, satu sajian sayur. Kunyit asam yang segar juga bagus sebagai anti-inflamasi, saran Joshua.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."