Rachel Goddard Pilih Essence daripada Serum, Ini Bedanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Beauty Vlogger Rachel Goddard saat ditemui di acara launching rangkaian skincare anti-aging premier Y.O.U Golden Age di Jakarta, Kamis 16 Januari 2020. (TEMPO/Eka Wahyu Pramita)

Beauty Vlogger Rachel Goddard saat ditemui di acara launching rangkaian skincare anti-aging premier Y.O.U Golden Age di Jakarta, Kamis 16 Januari 2020. (TEMPO/Eka Wahyu Pramita)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagian besar perempuan menjadikan perawatan kulit sebagai kebutuhan. Tak ada kata terlambat mulai rutinitas perawatan kulit, yang terpenting ialah disiplin dan konsisten. Sebab tak bisa dipungkiri, paparan sinar matahari dan gaya hidup bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Hal itu juga diakui oleh beauty vlogger, Rachel Goddard.

Bahkan, Rachel Goddard menyadari ia termasuk telat mencurahkan perhatian untuk merawat kesehatan kulit. "Aku termasuk telat ya di atas 27 tahun baru deh ingat dan peduli. Jadi ternyata kerutan dan flek hitam, skincare itu bukan obat tapi lebih memperlambat proses tersebut," ucap Rachel saat ditemui di acara peluncuran rangkaian skincare anti-aging premier Y.O.U Golden Age di Jakarta, Kamis 16 Januari 2020.

Bagi Youtuber yang telah memulai kariernya sejak 2014 ini, yang paling penting dan menjadi kunci dalam perawatan kulit adalah penggunaan essence. Rachel Goddard tak bisa lepas mengenakan essence, produk perawatan kulit yang teksturnya lebih cair dan ringan. Essence ini fungsinya untuk memaksimalkan produk perawatan kulit berikutnya. 

"Kalau aku merasanya tahu banget bisa pakai brand lain setelah pakai essence supaya dua-tiga kali lebih maksimal bekerjanya. Jadi essence harus dipakai yang nanti akan pengaruh juga dengan produk selanjutnya," ujar ibu satu putra ini.

Sebenarnya adakah perbedaan khusus antara essence dan serum? Melansir laman Into The Gloss, Jumat 17 Januari 2020, berikut perbedaannya dari segi manfaat dalam rutinitas (setelah pembersihan, sebelum pelembap) dan fungsi (kebutuhan perawatan kulit yang ditargetkan selain hidrasi sederhana) serum dan essence sangat mirip.

Berikut perbedaan khusus antara serum dan essence

1. Tekstur

Tekstur serum lebih lengket dan lebih pekat, sedangkan essence memiliki tekstur yang lebih cair dan ringan.

2. Bahan aktif

"Bahan yang digunakan essence lebih ringan, kurang terkonsentrasi daripada serum, dan digunakan setelah toner untuk menambah lapisan hidrasi sebelum serum diterapkan. Jadi lebih banyak kandungan," jelas Hadley King, MD, dokter kulit di Skinney Med Spa dan instruktur klinis dermatologi di Weill Medical College of Cornell University, New York, Amerika Serikat.

Sementara serum umumnya mengandung beberapa bahan aktif utama untuk mengatasi masalah spesifik seperti mencerahkan, bintik hitam, atau garis-garis halus, dan bahan aktif biasanya ditemukan pada konsentrasi yang lebih tinggi di serum daripada di krim pelembap.

3. Fungsi

Serum adalah produk perawatan kulit yang dapat Anda terapkan pada kulit Anda setelah dibersihkan tetapi sebelum melembapkan dengan tujuan memberikan bahan-bahan kuat langsung ke kulit dan mencegah masalah perawatan kulit tertentu, seperti kerutan dan flek hitam.

Sementara fungsi essence melembapkan dan menghidrasi kulit menjadi lebih lembap. Setelah kulit lembap, maka siap menerima tahapan selanjutnya termasuk serum.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."