Desainer Jean Paul Gaultier Bakal Pensiun, Ini Riwayat Bra Cone Ikoniknya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(paling kanan) Jean Paul Gaultier, desainer asal Prancis, yang memilih pensiun merancang busana pada awal 2020. Ia telah berkarya selama 50 tahun. Instagram/@jpgaultierofficial

(paling kanan) Jean Paul Gaultier, desainer asal Prancis, yang memilih pensiun merancang busana pada awal 2020. Ia telah berkarya selama 50 tahun. Instagram/@jpgaultierofficial

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaJean Paul Gaultier mengumumkan pensiun dari industri fashion. Pagelaran mode Jean Paul Gultier Haute Couture yang bakal diadakan pada 22 Januari 2020 di Paris merupakan koleksi terakhir rancangannya.

"Pertunjukan ini merayakan 50 tahun saya berkarier di dunia mode dan menjadi karya terakhir," cuitan desainer berusia 67 tahun di Twitter pada 17 Januari 2020. "Tapi yakinlah Haute Couture akan lanjut dengan konsep baru," tulis ia seperti dikutip dari laman Pagesix.

Jean Paul Gaultier juga membagikan video ia sedang menelepon dalam bahasa Prancis dan membocorkan beberapa petunjuk tentang fashion show terakhirnya. Ia juga membagikan tulisan dan video yang sama pada unggahan Instagram-nya pada Sabtu, 17 Januari 2020

"Ini akan menjadi pesta dengan banyak teman saya, dan kami akan bersenang-senang sampai sangat, sangat larut," ucapnya dalam video. “Berada di sana! Anda tidak bisa melewatkan ini."

Jean Paul Gaultier sudah lama dikenal sebagai desainer couture yang telah mendandani selebriti kondang mulai dari Marion Cotillard - yang mengenakan gaun putri duyung putih dan perak untuk menerima piala Oscar-nya untuk La Vie en Rose pada 2008 - hingga musisi papan atas seperti Rihanna, Beyonce, Lady Gaga, dan Madonna.

Madonna mengenakan bra bentuk cone rancangan Jean Paul Gaultier pada tur dunia Blond Ambition tahun 1990. glamour.com

Bicara tampilan Madonna, kita tidak bisa melupakan bra bentuk cone atau kerucut ikonik dan eksentrik yang dipakai Madonna saat tur dunia "Blond Ambition" pada 1990. Mengutip laman Glamour, kemunculan bra cone berstruktur kuat itu terbuat lingkaran kawat dan motif spiral dari velor ungu.

Sejak saat itu, beragam bentuk bra cone dikreasikan ulang oleh Jean Paul Gaultier. Pada restropective show di Paris tahun 2006, ia menampilkan desain cone yang lebih panjang dari tampilan Madonna pada 1990.

Madonna kembali memakai bra cone rancangan Jean Paul Gaultier di tur MDNA pada tahun 2012. glamour.com

Kemudian pada tur MDNA tahun 2012, Madonna kembali mengenakan luaran model bra cone rancangan Jean Paul Gaultier. Kali ini, ia tampak mengenakan bra sebagai luaran dalam tampilan formal eksentrik monokrom. Atasan kemeja putih, bawahan garis-garis hitam dan putih, serta sarung tangan panjang warna hitam.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."