6 Profesi yang Diminati di Era Industri 4.0, Ada Kreator Konten

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Era Revolusi Industri 4.0 mengubah segala urusan jadi serba simpel dan cepat dengan kecanggihan teknologi. Perusahaan mulai memikirkan sentuhan profesi yang tepat dan sesuai untuk berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan ini.

Big Data, Cloud Computing, dan Machine Learning merupakan istilah yang sering kita dengar akhir-akhir ini. Namun masih banyak yang belum mengetahui arti dari kata-kata tersebut.

Dilansir dari laman Jobstreet, bisnis di era industri 4.0, dimulai dari skala makro, mikro, hingga super mikro, akan menggunakan sistem berbasis online untuk menunjang kecepatan dalam birokrasi atau transaksi.

Berikut beberapa profesi yang kian diminati industri digital.

1. App developer

Setiap perusahaan yang bergerak di berbagai macam bidang, berlomba-lomba menciptakan aplikasi untuk menunjang kemudahan konsumen di masing-masing ponsel.

Pelaku yang menciptakan aplikasi itu disebut app developer dan untuk menjadi seorang app developer, kemampuan yang harus dikuasai yaitu memahami algoritma dan logika pemrograman, seperti Java, C++, Phyton, Ruby dan masih banyak lagi.

2. Web developer

Kurang lebih sama seperti app developer, web developer berfokus pada situs web. Perusahaan membutuhkan situs web agar produk dapat lebih dikenal dan menjangkau calon konsumen. Web developer harus mempelajari dan menguasai front-end, back-end developer, HTML, CSS, dan lainnya.

3. Kreator konten

Sebuah produk akan dikenal masyarakat luas, jika dikemas dengan iklan yang dapat membuat orang penasaran dan tertarik dengan produk tersebut. Bagaimana membuat orang terpengaruh untuk membeli atau menggunakan produk adalah tugas dari kreator konten.

Untuk menjadi seorang kreator konten yang baik diperlukan soft skill, yaitu kreativitas dan inovasi untuk menciptakan konten yang menarik.

4. Spesialis SEO

Seorang SEO Specialist dituntut untuk selalu update terhadap perkembangan informasi mengenai algoritma Google yang terus menerus diperbarui. Bagi perusahaan yang mengandalkan digital marketing dalam memasarkan produk, peran SEO sangat vital bagi bisnis perusahaan.

Profesi Spesialis SEO masih sangat jarang ditekuni, sehingga para perusahaan berani memberikan bayaran yang cukup besar untuk posisi ini.

5. Spesialis media sosial

Hampir semua orang mempunyai setidaknya dua akun media sosial dari berbagai platform. Perusahaan memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi atau membangun hubungan dengan pelanggan atau target pasar, juga memasang iklan.

Tugas spesialis media sosial adalah membuat ide konten dan menganalisa umpan balik dari warganet.

6. Spesialis data

Di awal disebutkan istilah-istilah yang terkait dengan Industri 4.0, salah satunya adalah Big Data. Seorang data scientist-lah yang akan mengumpulkan, mengolah, menganalisa, dan mempresentasikan data-data yang ada untuk menghasilkan informasi yang berguna.

Informasi tersebut nantinya jadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk perusahaan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."