Zaskia Sungkar Hamil? Berikut 8 Tips Jalani Program Hamil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Pasangan selebriti Irwansyah dan Zaskia Sungkar saat ditemui usai pemutaran perdana film Roh Fasik di Metropole XXI, Jakarta, 6 Mei 2019. Roh Fasik merupakan film bergenre horor religi yang disutradarai Ubay Fox dan Evelyn Afnilia sebagai penulis naskah. Tempo/Nurdiansah

Pasangan selebriti Irwansyah dan Zaskia Sungkar saat ditemui usai pemutaran perdana film Roh Fasik di Metropole XXI, Jakarta, 6 Mei 2019. Roh Fasik merupakan film bergenre horor religi yang disutradarai Ubay Fox dan Evelyn Afnilia sebagai penulis naskah. Tempo/Nurdiansah

IKLAN

3. Mengetahui masa subur

Masa subur adalah waktu terbaik untuk hamil. Ini merupakan waktu yang tepat untuk fokus melakukan hubungan seks. Namun, tidak semua wanita mengetahui kapan masa suburnya. Salah satu tanda masa subur yang mudah dikenali adalah lendir serviks menjadi lebih licin dan tipis.

Jika Anda memiliki siklus menstruasi 28 hari, maka kemungkinan berovulasi akan jatuh pada hari ke-14 setelah mens berhenti. Namun, banyak wanita yang memiliki siklus lebih panjang ataupun lebih pendek. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengetahui kapan masa subur Anda.

4. Bercinta lebih sering

Bercinta saat masa subur memang bisa meningkatkan kemungkinan untuk hamil. Namun, tidak ada salahnya untuk lebih sering melakukan hubungan seks.

Anda dapat melakukan hubungan setiap dua hari sekali. Bagi wanita, setelah berhubungan intim sebaiknya berbaring di tempat tidur selama 10-15 menit agar sperma lebih cepat masuk ke leher rahim sehingga bisa segera mendapat kehamilan.

5. Melakukan olahraga ringan

Tubuh yang bugar dapat membuat Anda menjadi lebih subur. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga. Olahraga tidak hanya membantu menurunkan berat badan, namun juga menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar hormon stres, dan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi yang diperlukan untuk pembuahan.

Akan tetapi, jangan melakukan olahraga yang berlebihan dan berat karena malah akan menggagalkan program hamil. Oleh sebab itu, Anda dapat melakukan olahraga ringan, seperti berjalan atau jogging, untuk menghindari risiko tersebut.

6. Hindari stres

Stres yang berlebih dapat menurunkan peluang untuk hamil karena menyebabkan kadar hormon menjadi rusak dan mengurangi lendir serviks pada wanita. Dalam menyukseskan program hamil, Anda harus tetap tenang dan jangan berpikir terlalu keras.

Untuk menghindari stres, Anda dapat mengikuti kelas yoga atau zumba, mendengarkan musik, dan berbincang dengan pasangan atau teman.

7. Berhenti merokok

Merokok diketahui dapat mengurangi kesuburan pria maupun wanita. Oleh sebab itu, sebaiknya berhentilah merokok saat melakukan program hamil agar kemungkinan untuk hamil semakin besar.

8. Liburan bersama

Liburan bersama dapat menjadi salah satu kunci untuk hamil. Ketika liburan, keintiman Anda bersama pasangan menjadi lebih meningkat. Selain itu, liburan bersama juga bisa menghilangkan stres.

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."